Jawab Pemerintah, VW Kembangkan Fasilitas Baru

image-mobkom-
image-MobKom-VW akan Produksi New SUV di Chattanooga
Foto : Volkwagen

Tennessee, MobilKomersial.com – Volkswagen (VW) telah resmi mengumumkan bahwa SUV baru kelas menengah mereka akan dibangun di Chattanooga, Tennessee, Amerika Serikat. Pengumuman ini terjadi setelah beberapa hari berhembus kabar dari Volkwagen yang ingin mendirikan cabang lokal pada helatan United Auto Workers.

Rencana ini memungkinkan terjadinya perekrutan besar-besaran pada tenaga kerja baru untuk pembangunan VW sekaligus memberikan sumbangsih pada pemerintah. Hal ini akan memperbaiki susasana yang semula sempat tegang karena pertentangan VW dan legislator pemerintah terkait paket insentif 300 juta dolar AS yang bertujuan mengamankan produksi SUV.

Seperti dilansir Leftlane, ekspansi signifikan dengan fasilitas Chattanooga akan diperlukan perusahaan untuk membangun dua model baru VW di AS, disamping Passat yang kini tengah digarap. Model baru ini diperkirakan membutuhkan investasi total sebesar 900 juta dolar , termasuk 600 juta di daerah pantai AS.

VW mengklaim sekitar 2.000 pekerja akan direkrut dalam mega proyek produksi ini, termasuk beberapa posisi penting untuk pusat penelitian dan pengembangan baru. Tujuannya adalah untuk mengkoordinasikan dan mengoptimalkan produksi pasar AS.

Dr Martin Winterkorn, CEO Volkwagen, menyatakan bila program ini memang diarahkan untuk mengembangkan produksi untuk memenuhi pasar VW di AS. “Langkah ini merupakan signal kuat bagi perkembangan lebih besar pada industri otomotif di AS, sekaligus memberikan kompensasi nyata terhadap serangan pemerintah terkait sumbangsih VW pada masyarakat,” paparnya.

SUV baru ini akan menjadi model menengah yang didasarkan pada konsep CrossBlue yang sempat berjaya pada 2013. Didukung rencana model produksi SUV tiga baris tempat duduk alias 7-seat, VW yakin mereka dapat meraih sukses dengan fokus di pasar Amerika Utara, walaupun spesifikasi tambahan pada SUV mereka belum dijelaskan secara detail. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan