VW Rayakan Ulang Tahun Transporter ke-60

image-mobkom-VW-Rayakan-Ulang-Tahun-Transporter-ke-60
image-mobkom-vw-rayakan-ulang-tahun-transporter-ke-60
Foto: Volkswagen

Inggris, MobilKomersial.com- Volkswagen (VW) Commercial Vehicles akan merayakan ulang tahun Transporter ke-60. Perayaan ini sekaligus sebagai penghargaan atas kontribusi Transporter T1, yang diluncurkan pertama kali di Inggris pada tahun 1954 pada gelaran Earls Court Commercial Motor Show.

Pada tahun pertama, VW melakukan penjualan hingga 786 unit kendaraan dengan model yang berkembang dan sangat sukses saat itu, yaitu model van berlabel VW Camper.

Pada tahun 2013 penjulanan di Inggris untuk versi terbaru dari Transporter T5 melampaui 18.000 unit, dan hampir lebih dari 11,5 juta unit Transporter telah diproduksi dan dijual untuk pasar global.

Awalnya, Transporter merupakan gagasan dari seorang perwira tentara Inggris bernama Mayor Ivan Hirst, dengan idenya untuk membangun sebuah kendaraan multifungsi yang mampu membawa beban dan muatan lebih besar menggunakan platform dari VW Beetle.

Seperti dikutip Transport Engineer, Transporter T1 masuk ke manufaktur di akhir 1940-an, dengan proses blueprint hingga masuk ke jalur produksi hanya dalam waktu 13 bulan. Kemudian di tahun 1967 diteruskan oleh model T2 dan T3 pada tahun 1979.  Memasuki era 1990-an VW mengubah pakemnya seperti tata letak dapur pacu yang semula di belakang bergeser ke depan, serta menganut penggerak roda depan yang diaplikasikan pada Transporter T4. Seiring perkembangan teknologi terkini, model penerus berlabel T5 pun diluncurkan di tahun 2000.

Selain itu, ia juga menginspirasikan pembuatan desain truk flatbed yang dijuluki Plattenwagen, yang digunakan untuk memindahkan komponen-komponen yang diperlukan di dalam pabrik. (DD)

Editor: Dedi Sofyan

Tinggalkan Balasan