Pasang Filter AC di Honda Brio dan Mobilio

image-mobkom-pasang-filter-ac-di-honda-brio-dan-mobilio

Jakarta, MobilKomersial.com – Kenyamanan berkendara di kota besar seperti di Jakarta yang berhawa panas, tentu sangat membutuhkan AC (Air Conditioner) yang berfungsi dengan baik. Namun perlu diketahui pula bahwa kebersihan udara yang keluar dari embusan hawa sejuk pendingin udara kabin ini, perlu selalu dijaga kebersihannya. Salah satunya dengan menambahkan filter atau saringan AC.

Sebab, menurut Ferry Jensen, pemilik Auto Rotary Bintaro, bengkel spesialis AC mobil di kawasan Tanah Kusir, Jakarta Selatan, beberapa varian mobil baru yang sudah beredar di Tanah Air, seperti Honda Brio dan Mobilio, standarnya tidak dibekali filter AC sebagai komponen yang berfungsi untuk menjaga kebersihan sirkulasi udara AC di dalam kabin mobil.

“Brio dan Mobilio standarnya memang  belum dilengkapi filter AC, tapi sudah tersedia rumah filternya. Jika tidak ditambahkan filter AC, efek jangka panjang akan membuat evaporator lebih cepat kotor,” kata pria yang akrab disapa Ferry saat berbincang dengan MobilKomersial.com.

Berikut ini cara memasang filter AC merek Kyoto seharga Rp 180 ribu di kabin Honda Brio dan Honda Mobilio. Tips kali ini dipraktikkan pada Brio E manual.

image-mobkom-pasang-filter-ac-di-honda-brio-dan-mobilio
FOTO : Auto Rotary Bintaro

image-mobkom-pasang-filter-ac-di-honda-brio-dan-mobilio

Langkah pertama : Buka laci dasbor dengan cara menekan sisi kiri-kanan laci ke arah dalam secara berbarengan untuk melepasnya. Sebab posisi rumah filter AC pada Honda Brio maupun Mobilio sama, yaitu di balik laci dasbor. Sehingga lebih memudahkan untuk memasang filter AC dalam posisi laci dasbor terlepas.

image-mobkom-pasang-filter-ac-di-honda-brio-dan-mobilio

image-mobkom-pasang-filter-ac-di-honda-brio-dan-mobilio

Langkah kedua : Buka penutup slot filter Ac pada bodi rumah saringan AC yang menempel diatas kipas hisap blower, menggunakan pisau cutter. Sobek bagian atas, bawah dan sebelah kiri penutup slot filter AC. Bagian kanan cukup digores sedikit dan jangan sampai terputus, karena berfungsi sebagai engsel buka-tutup penampang cover saringan AC.

image-mobkom-pasang-filter-ac-di-honda-brio-dan-mobilioGbr. 6Langkah ketiga : Masukan filter AC yang materialnya terbuat dari kertas fiber sampai seluruh bagian masuk ke dalam slot pada rumah filter AC. Tutup lubang slot yang sudah terdapat saringan ini, dengan menekan penampang penutupnya beberapa kali supaya tidak mudah lepas. Supaya lebih aman bisa ditambahkan selotip atau lakban, agar penutupnya tak mudah terbuka karena goncangan saat mobil melaju.

image-mobkom-pasang-filter-ac-di-honda-brio-dan-mobilioLangkah keempat : Pasang kembali laci dasbor pada dudukannya dengan cara agak menekan kedua ujung kanan-kiri yang terdapat penahan laci, sampai batang penahan kanan-kiri laci masuk ke dalam kompartemen laci dasbor.

 

Bengkel Narasumber :

Auto Rotary Bintaro
Jl. RC. Veteran No.1A, Bintaro Raya, Jakarta Selatan
Telpon : 021-7342209
www.RotaryBintaro.com

 

Tinggalkan Balasan