Penjualan Semester I GM Tunjukan Tren Positif

image-mobkom-Penjualan GM Makin Naik, Setelah Tahun 2007
image-mobkom-Penjualan GM Makin Naik, Setelah Tahun 2007
Foto : Autoevolution

Amerika Serikat, MobilKomersial.com – Meski General Motors (GM) tidak pernah sepi dari pemberitaan recall yang melibatkan hampir 30 juta kendaraan, namun raksasa otomotif Amerika itu tetap menikmati kesuksesan penjualan yang cukup bagus di semester pertama tahun 2014.

Penjualan crossover tercatat naik 26 persen, SUV 32 persen serta van 65 persen. Catatan ini menunjukan tren positif penjualan GM pada putaran pertama 2014. Hasil ini merupakan prestasi terbaik setelah kenaikan yang nyaris sama pada tahun 2007.

Seperti dilansir autoevolution, tidak kurang dari 256.160 unit kendaraan laris manis di semester ini. Total penjualan pun naik 9 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2013.

Sementara penjualan retail naik 4 persen, segmen komersial membukukan catatan tertinggi dengan kenaikan 69 persen. Segi armada pun menunjukan tren serupa, dengan naik hingga 21 persen di semester pertama 2014.

Kurt McNeil, Wakil Presiden Operasi Penjualan GM, mengungkapkan penjualan kendaraan utilitas melonjak pada bulan juli 2014 karena masyarakat Amerika lebih memilih kendaraan yang ekonomis yang didesain ulang dengan model baru di Showroom GM.

Penjualan di semua segmen dalam line-up GM terus merangkak naik. Secara khusus, penjualan crossover dan truk yang meliputi pickap, van dan SUV, melonjak dua digit, mendorong penjualan dikombinasikan untuk 1.048.114 kendaraan sampai Juli.

Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan penjualan semester I GM tahun 2013 yang mencatatkan 100.122 crossover dan 587.250 SUV yang terjual. McNeil berharap kepercayaan konsumen dapat kembali pasca resesi dan pengaruh kenaikan harga energi sehingga banyak permintaan SUV dan pikap yang terpendam dapat timbul kembali.

Dengan ini General Motors adalah produsen mobil pertama yang diprediksi mampu menjual jutaan unit di semester kedua 2014. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan