Penjualan LCGC Siap Tembus Target 2014

image-mobkom-Penjualan LCGC, akan Tembus Target 2014
image-mobkom-
Foto: Amos Anugrah

Jakarta, MobilKomersial.com – Pertumbuhan pasar low cost green car (LCGC) di Tanah Air ternyata sangat menggiurkan. Tidak mengherankan bila semua brand ternama dunia seperti Toyota, Honda, Suzuki, Daihatsu dan Datsun yang bernaung di bawah Nissan pun ikut meramaikan perebutan pasar LCGC.

Datsun bahkan sudah mengeluarkan dua varian LCGC , Datsun GO + Panca dan Datsun GO Panca Hatchback, dalam kurun waktu tidak kurang dari empat bulan. Ini menjadikan catatan bahwa pasar LCGC sangat potensial ke depan dengan sasaran konsumen pemilik mobil pertama (First Buyer) yang sangat luas di Indonesia.

Buktinya pasar LCGC dalam kurun waktu singkat mampu memberi sumbangsih 13 persen pada pasar otomotif nasional, dengan potensi pasar sekitar 20 persen. Pengaruh inflasi tahun 2014 yang menyebabkan harga mobil terus melonjak pun menjadi sebab, pasalnya mobil dengan kisaran 100 jutaan tidak terlalu besar terkena imbasnya.

Pertumbuhan segmen LCGC sendiri menurut data Gabungan Industri Kendaran Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada periode Januari – Juli 2014 pun dinilai cukup baik. Tercatat LCGC telah terjual 99.235 unit, dari jumlah total penjualan semua segmen sebanyak 733.761 unit atau memberi kontribusi 13,5 persen.

Capaian penjualan yang bisa dikatakan fantastis ini, diprediksi dapat menembus target 2014 untuk penjualan LCGC sebesar 120 ribu unit. Bila tercapai, LCGC nantinya akan memberi kontribusi 10 persen pada target pasar otomotif nasional yang mencapai 1,25 juta unit. (LCO)

Editor: Amos Anugrah

Tinggalkan Balasan