Sony Siapkan Sensor Kamera Mobil

image-mobkom-Sony akan Siapkan Sensor Kamera Mobil
image-mobkom-Sony akan Siapkan Sensor Kamera Mobil
Foto: Leftlane

Jepang, MobilKomersial.com – Sony dikabarkan akan terjun ke dunia industri otomotif dengan mempersiapkan sensor kamera mobil yang ditujukan untuk sistem mengemudi otonom.

Pihak perusahaan Sony menjelaskan, didalam teknologi tersebut terdapat sensor baru yang menawarkan peningkatan sepuluh kali lipat dalam sensitif cahaya.

Biasanya kamera kendaraan yang saat ini sering dipakai menyediakan gambar dengan sensitivitas pencahayaan yang mirip dengan mata manusia, yang membutuhkan cahaya inframerah tambahan untuk memberikan gambaran monokrom dalam kondisi cahaya rendah atau tidak ada.

Beberapa mobil telah dimanfaatkan FLIR kamera yang sensitif terhadap radiasi inframerah, namun teknologi tersebut mahal dan lebih cocok untuk mengamati hewan atau pejalan kaki daripada sekitar medan.

Sedangkan sensor kamera Sony, dikatakan mampu memberikan gambaran warna yang diterangi oleh cahaya bulan, memberikan teknologi keunggulan potensial ketika melihat daerah yang tidak langsung dinyalakan oleh lampu kendaraan.

Perusahaan Jepang mengharapkan sensor yang akan digunakan untuk sistem keamanan, seperti kamera cadangan, dapat memberikan kinerja yang cocok untuk digunakan dalam kendaraan driverless.

Seperti dikutip Leftlane, kebanyakan prototipe kendaraan otonom bergantung pada sistem Light Detection and Ranging (LIDAR), yang biasanya dipasang ke atap, menyediakan peta resolusi rendah dari daerah sekitarnya untuk membantu mengidentifikasi hambatan.

Teknologi ini bekerja untuk platform penelitian, tetapi biaya puluhan sistem sensor sendiri ribu dolar AS. Kamera stereo dan sistem radar dapat memberikan alternatif yang potensial karena kedua teknologi terus meningkatkan.

Sensor Sony diperkirakan akan mulai produksi massal pada tahun 2015, kemungkinan tiba di kendaraan tahun 2016. Perusahaan ini dikatakan akan memiliki ambisi yang tinggi, mengincar 50 persen dari pasar kamera otomotif di jalan. (DD)

Tinggalkan Balasan