Industri Otomotif Mulai Jadi Andalan Ekspor Indonesia

image-mobkom-Industri Otomotif Mulai Jadi Andalan Ekspor Indonesia
image-mobkom-Industri Otomotif Mulai Jadi Andalan Ekspor Indonesia
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Industri otomotif diprediksi akan menjadi salah satu andalan ekspor Indonesia. Hal ini dilihat dari pertumbuhan ekspor otomotif yang terus meningkat setiap tahun.

M Lutfi, Menteri Perdagangan, dalam beberapa kesempatan diacara otmotif selalu memberikan motifasi pada pelaku industri otomotif termasuk para produsen otomotif internasional di Indonesia untuk turut memberi kontribusi pada industry otomotif Indonesia.

Sampai saat ini, terang M Lutfi, nilai ekspor mobil Indonesia ke luar negeri mencapai 4,5 miliar dolar AS, dan diprediksi akan meningkat signifikan. Bahkan tiga tahun mendatang bisa menembus angka 10 miliar dolar AS. Jika pencapaian itu terjadi dalam kurun waktu dua atau tiga tahun ke depan Indonesia bisa menjadi eksportir otomotif terbesar ke tiga di dunia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Indonesia (Gaikindo), hingga 2014 total ekspor utuh atau CBU Indonesia telah mencapai 127.115 unit. Ekspor tertinggi terjadi pada Maret 2014, dengan capaian ekspor sebanyak 20.256 unit. Sedangkan posisi terendah ada pada Juli, yang hanya 12.667 unit.

M Lutfi sangat mengapresiasi kemajuan yang ditunjukan dunia otomotif Tanah Air, karena dengan perkembangan yang ada Indonesia perlahan mulai melakukan transformasi, dar negara yang selalu mengekspor bahan mentah, kini mulai beralih menjadi eksportir bahan jadi berteknologi tinggi.

Tinggalkan Balasan