Q-Free : ERP Ubah Mindset Warga Gunakan Mobil

image-mobkom-100-unit-mobil-dengan-obu-untuk-uji-sistem-erp
image-mobkom-100-unit-mobil-dengan-obu-untuk-uji-sistem-erp
Foto : Wilfridus Kolo

Jakarta, MobilKomersial.com – Kebijakan Electronic Road Pricing (ERP) merupakan langkah yang tepat untuk menangani kemacetan disebuah wilayah.

Menurut Tecnology Manager PT Q-Free, Harry Gunawan menuturkan, berdasarkan pengalaman Q-Free yang telah menjadi vendor di beberapa negara seperti Singapura, Inggris dan Swedia, upaya untuk mencegah kemacetan melalui penerapan ERP menunjukan hasil yang positif.

Bagi Q-Free, pemberlakukan ERP bukan soal uang, tetapi bagaimana Q-Free bersama pemerintah melalui ERP mengubah pola pikir masyarakat agar menggunakan kendaraan dengan perencanaan yang baik.

“ERP bukan soal uang tapi bagaimana kita mengubah mindset masyarakat, agar mengginakan kendaraan dengan pola yang baik dan terencana,” kata Harry saat berbincang dengan MobilKomersial di Kantor Q-Free, gedung Sentral Senayan III, Jakarta, Selasa (14/10)

Harry mencontohkan, jika hanya ingin membeli pasta gigi dengan harga 10 ribu, dan orang dipaksa untuk membayar tarif 30 atau 50 ribu, ia akan berpikir ulang untuk menggunakan kendaraan. Akhirnya setiap perjalanan akan dilakukan dengan rencana yang matang.

Selain itu lanjutnya, dengan adanya ERP, sanksi berupa denda dibayarkan masyarakat karena terlibat pelanggaran bisa dimaksimalkan untuk perbaikan infrastuktur jalan dan transportasi publik .

“Bila itu berjalan baik, uang masyarakat akan dikembalikan pada masyarakat. Transjakarta bisa dibiayai ERP, atau perbaikan infrastuktur jalan bisa dibiayai ERP,” papar Harry.

Tinggalkan Balasan