Sistem ERP Kuningan Mampu Deteksi Mobil Berkecepatan 200 Km per Jam

image-mobkom-teknologi-erp-diklaim-mampu-mendeteksi-mobil-dengan-kecepatan-200-km-per-jam
image-mobkom-teknologi-erp-diklaim-mampu-mendeteksi-mobil-dengan-kecepatan-200-km-per-jam
Foto : Wilfridus Kolo

Jakarta, MobilKomersial.com – PT Q-Free sebagai vendor pelaksanaan uji coba gerbang elektronik (gantry) ERP (Electronic Road Pricing) di Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, yakin bahwa teknologi ERP yang mereka bawa memiliki kemampuan mendeteksi kendaraan lebih baik dari alat yang sudah ada sebelumnya.

Menurut Harry Gunawan, Marketing Technology PT Q-Free, sistem pendeteksian pelat nomor polisi (nopol) mobil melalui On-Board Unit (OBU) memiliki tingkat akurasi sangat tinggi.

“Ada delapan kamera pada gate dengan kemiringan 45 derajat yang siap memotret secara otomatis pelat nopol mobil dari depan maupun belakang, meski pun dalam kecepatan 200 km per jam,” beber Gunawan di sela peresmian uji coba sistem ERP ini di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (30/9).

Sistem sensor OBU pada kendaraan akan membuat mobil mudah terdeteksi secara otomatis ketika melintasi gantry. “Ketika melintas, kendaraan yang menggunakan OBU langsung terdeteksi. Alat akan mencatat nomor pelat dan jam kendaraan melintas yang kemudian dikonversi menjadi data,” terang Gunawan.

Mutia Makki, Marketing PT Q-Free menambahkan sistem kerja OBU ini akan dikoneksikan dengan smartphone. Sehingga ketika mobil yang menggunakan OBU melintasi gantry ERP, maka saldo secara otomatis akan terpotong sesuai tarif retribusi yang dikenakan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

“OBU ukuran kecil akan dipasang pada mobil, pelanggan dapat melakukan pengecekan dan pengisian saldo melalui aplikasi smartphone yang disediakan oleh Q-Free. Sehingga diharapkan dapat memudahkan pelanggan seperti layanan kartu prabayar telepon seluler,” jelas Mutia. (LCO)

Tinggalkan Balasan