Akses Subsidi BBM, Setiap Angkutan Umum akan Pakai Chip Khusus

image-mobkom-Akses Subsidi BBM, Setiap Angkutan Umum akan Pakai Chip Khusus
image-mobkom-Akses Subsidi BBM, Setiap Angkutan Umum akan Pakai Chip Khusus
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Terkait permintaan Organda agar angkutan umum juga mendapatkan subsidi BBM, Kementrian Perhubungan telah menyusun konsep dan alur subsidi BBM untuk transportasi publik.

Untuk mengidentifikasi angkutan umum yang resmi, setiap angkutan umum akan menggunakan chip khusus dari Kemenhub agar angkutan yang layak mendapat subsidi yang bisa mengakses BBM bersubsidi.

Menurut Sugihardjo, Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan terkait pemasangan chip khusus dari Kementerian ESDM melalui Pertamina sementara diatur. Biaya pemasangan chip akan dianggarkan oleh pertamina dan diserahkan kepada kewenangan pemberian izin penyelenggaraan angkutan.

Kemenhub juga akan melakukan kendali terhadap pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) penyelenggaraan angkutan orang dalam trayek maupun tidak dalam trayek dengan memberikan stiker SPM, sehingga kendaraan umum yang tidak dilengkapi stiker tidak mendapatkan subsidi BBM.

Sugihardjo menambahkan dalam menyusun kebijakan ini, pihak pengusaha dalam hal ini Organda juga dilibatkan untuk melakukan pengawasan langsung di SPBU khusus yang menyalurkan BBM bersubsidi bagi angkutan umum.

Tinggalkan Balasan