Ternyata Toyota Mirai Punya Aplikasi Pengawas

Toyota Luncurkan Kendaraan Fuel Cell Pertamanya
Berbagai Teknologi Pelindung Mirai
FOTO: Toyota

Jepang, MobilKomersial.com – Produsen otomotif asal Jepang, Toyota telah memperkenalkan kendaraan dengan fuel cell pertamanya, yang diberi nama Toyota Mirai. Meski memiliki beberapa teknologi mutakhir, ternyata juga terdapat sebuah sistem yang mengawasi kinerja teknologi tersebut.

Toyota kini telah mengembangkan sistem untuk mengawasi kinerja dan keamanan fuel Cell Toyota Mirai. Yang canggihnya, sistem pengawas ini menggunakan remote yang dapat dioperasikan dari jarak jauh.

Peringatan dari sistem pengawas tersebut akan ditampilkan lewat layar sistem navigasi, jika terdeteksi terdapat sesuatu yang tak normal. Layanan ini kemudian mengirimkan informasi pendukung, sehingga mobil bisa langsung di periksa di diler terdekat.

Pemilik Mirai juga mendapatkan aplikasi ponsel yang eksklusif bernama ‘Pocket Mirai’ yang menampilkan banyak informasi penting yang dibutuhkan pengguna Mirai, dari mulai lokasi dan status operasional stasiun hidrogen di seluruh Jepang.

Informasi penting lainnya yang dapat didapat ialah hidrogen yang tersisa di tangki mobil, jarak tempuh yang masih bisa diarungi mobil ini dan fungsi yang mencatat berapa kali pengisian hydrogen.

Konsep dari sedan ini sebelumnya sempat dipamerkan dalam ajang IIMS 2014, dan dari aplikasi itu pula, mobil ini bisa memasok listrik untuk kebutuhan rumah tangga hingga 60 kWh saat listrik rumah anda padam.

Tak sampai di situ, Toyota juga melengkapi Mirai dengan T-Connect Data Communication Module. Sistem ini disediakan melalui layanan aplikasi Hydrogen Station List, dimana layar sistem navigasi menampilkan informasi dan status operasional dari tiga stasiun pengisian hidrogen terdekat.

Selain diproduksi untuk pasar lokal Jepang, Mirai juga akan dipasarkan di Amerika Serikat dan Eropa, karena Mirai saat ini hanya dipasarkan di kawasan yang sudah dilengkapi oleh stasiun pengisian hydrogen. Adapun Mirai ditawari dengan bandrol sebesar 7,23 juta yen.

Tinggalkan Balasan