Toyota Bangun Depo Sparepart Terbesar di Makassar

Toyota Bangun Depo Sparepart Terbesar di Makassar
FOTO: TAM

Makassar, MobilKomersial.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) telah membangun Depo sparepart terbesar di Indonesia, yakni di Makassar, Sulawesi Selatan. Dengan adanya Depo baru ini, kebutuhan sparepart Toyota yang berada di Indonesia Timur khususnya, dapat dipenuhi dalam satu hari.

Direktur Operasional Kalla Toyota, Haryadi Kaimuddin mengatakan, Depo baru ini dapat menyimpan tak kurang dari 12.000 item part, yang berguna untuk memenuhi konsumen Toyota di Sulawesi dan bagian Timur Indonesia lainnya.

Depo sparepart ini berdiri di atas lahan seluas 9.700 meter persegi, yang nantinya akan memasok untuk 500 sparepart yang tersebar di empat Provinsi yang berada di Pulau Sulawesi.

“Biaya investasi Depo ini sebesar 30 miliar rupiah menjadikan Depo part Makassar tersebar si seluruh wilayah Indonesia,” tangkas Haryadi.

Sebelum Depo ini berdiri, jelas Haryadi, di Indonesia bagian Timur jika memesan sebuah sparepart harus menunggu lebih dari satu hari. Karena tak semua jenis part tersebut ada.

Haryadi melanjutkan, sebelum adanya Depo ini, biasanya bengkel-bengkel yang ada di Indonesia Timur, khususnya di Makassar pemenuhan konsumen hanya sekitar 90 persen. Dengan hadirnya Depo ini, dapat terealisasi menjadi 100 persen yang dapat dipenuhi kebutuhan konsumen dalam sehari.

Tercatat, tiap tahunnya jumlah penjualan mobil Toyota terus mengalami peningkatan. Hal tersebut tentunya juga harus dibarengi dengan ketersediaan sparepart sebagai “nyawa” dari mobil.

Pada tahun 2014 jumlah penjualan mobil Toyota mencapai sekitar 155.616 unit, melesat hingga 170 persen dibandingkan dengan tahun 2009 dimana penjualan sebesar 42.745 unit.

Sementara itu untuk penjualan suku cadang, Toyota menargetkan penjualan sebesar 317 miliar rupiah, meningkat 21 persen dibanding tahun lalu yang mencapai 263 miliar rupiah.

Tinggalkan Balasan