Toyota Luncurkan Kendaraan Fuel Cell Pertamanya

Toyota Luncurkan Kendaraan Fuel Cell Pertamanya
Toyota Luncurkan Kendaraan Fuel Cell Pertamanya
FOTO: Toyota

Jepang, MobilKomersial.com – Sebelum pergantian tahun, Toyota membuat gebrakan dengan meluncurkan kendaraan fuel cell pertamanya. Ialah Toyota Mirai, yang akan mulai dipasarkan pada 15 Desember 2014.

Toyota mengklaim, Mirai merupakan sebuah produk masa depan, dengan desain yang menjadi ciri khasnya, mobil ini disebut sangat nyaman dikendarai berkat stabilitas yang dihasilkan dari titik gravitasi rendah, serta akselerasi senyap dan kuat.

Sedan berteknologi fuel cell ini diluncurkan tepat setelah 17 tahun kemunculan Prius. Jika Prius menggabungkan mesin konvensional dan motor listrik, Mirai sudah mengandalkan Toyota Fuel Cell System (TFCS).

Teknologi TFCS ini dapat membangkitkan listrik hasil reaksi hydrogen dan oksigen. Toyota mengartikan Mirai sebagai masa depan, yang sangat ramah linkungan karena emisinya air, kemampuan jelajah yang cukup jauh dan tak perlu membuang waktu lama isi bahan bakar.

TFCS yang digunakan Mirai adalah kombinasi teknologi fuell cell dan teknologi hibrida. Komponen teknologi tersebut terdiri dari FC Stack dan tangki hydrogen bertekanan tinggi. Selain itu TFCS tidak mengemisikan CO2 maupun gas polutan lainnya saat dikendarai.

Selain diproduksi untuk pasar lokal Jepang, Mirai juga akan dipasarkan di Amerika Serikat dan Eropa, karena Mirai saat ini hanya dipasarkan di kawasan yang sudah dilengkapi oleh stasiun pengisian hydrogen. Adapun Mirai ditawari dengan bandrol sebesar 7,23 juta yen.

Tinggalkan Balasan