Yuk, Bedah Teknologi di Tubuh Mirai

Berbagai Teknologi Pelindung Mirai
Berbagai Teknologi Pelindung Mirai
FOTO: Toyota

Jakarta, MobilKomersial.com – Toyota Mirai memang didesain sebagai mobil masa depan, dan menyimpan beberapa teknologi masa depan di dalam tubuhnya, yang paling anyar tentunya teknologi Toyota Fuel Cell System (TDCS).

Komponen sistem TDCS terdiri dari FC Stack, FC boost converter dan tanki hydrogen tekanan tinggi. Sistem ini  bisa menyediakan energi listrik yang dapat digunakan untuk menempuh jarak 650 kilometer.

Toyota FC Stack, tempat terjadinya reaksi kimia antara hydrogen dan oksigen ini dapat  menghasilkan energi listrik hingga 114 kilowatt. Proses membangkitkan energi listrik ini ditingkatkan efisiensinya dengan menggunakan 3 D fine mesh flow channel.

Sehingga dengan ukurannya yang ringkas, output density mencapai 3.1 kW/L atau 2.2 kali lebih tinggi dibandingkan Toyota FCHV-adv yang dikembangkan Toyota sebelumnya.

Efisiensi pembangkit listrik fuel cell sangat dipengaruhi oleh jumlah air di membram elektrolit. Mirai menggunakan sistem sirkulasi internal untuk mengatur air yang dihasilkan dari reaksi kimia hydrogen-oksigen itu.

Converter baru yang berkapasitas tinggi dan berukuran ringkas digunakan untuk meningkatkan energi listrik yang di hasilkan Toyota FC Stack menjadi 650 Volt. Dengan meningkatkan tegangan listrik memungkinkan untuk mengurangi ukuran motor listrik dan jumlah fuel cell.

Tinggalkan Balasan