Ada yang Katakan Mobil Listrik Justru Perburuk Polusi Udara

mobkom-image-atasi-polusi-china-berikan-insentif-baru-mobil-listrik
mobkom-image-atasi-polusi-china-berikan-insentif-baru-mobil-listrik
Foto : istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Di tengah para pelaku industri otomotif dunia berlomba-lomba menerapkan mobil listrik, justru ada pihak yang mengklaim mobil listrik justru dapat membuat polusi udara makin buruk.

Seperti dilansir laman Autoevolution, Rabu (17/12), sebuah studi yang dilakukan oleh salah satu badan sains di Amerika Serikat mengatakan demikian, bahwa penggunaan mesin berenergi listrik justru membuat polusi udara semakin parah.

Lalu, bagaimana mereka membuktikan anggapan tersebut? Studi itu dilakukan dengan cara melihat dari mana sumber listrik yang digunakan untuk pengisian ulang baterai.

Hasil yang mereka dapatkan ialah di Amerika Serikat sebanyak 39 persen energi listrik yang dihasilkan untuk keperluannya berasal dari pembangkit listrik tenaga uap.

Mereka mengklaim, untuk menghasilkan panas, pembangkit listrik tenaga uap ini membutuhkan batubara untuk penggerak. Badan sains tersebut mengklaim bahwa batubara memicu 86 persen jumlah kematian akibat polusi udara yang dihasilkan dari pembakarannya.

Selain itu, menurut penelitian yang mereka kembangkan, kendaraan yang menggunakan bahan bakar etanol, atau dari sampah untuk mobil listrik, angka polusi yang tercipta lebih besar 80 persen dibandingkan polusi dengan mensin biasa.

 

 

Tinggalkan Balasan