Bus di Inggris Gunakan Bahan Bakar dari Sampah

image-mobkom-Bus di Inggris Gunakan Bahan Bakar dari Sampah
image-mobkom-Bus di Inggris Gunakan Bahan Bakar dari Sampah
Foto : Carscoops

Inggris, MobilKomersial.com – Ide menjalankan bus dengan menggunakan bahan bakar metana yang diperoleh dari pengolahan sampah dan limbah memang bukan hal baru dalam dunia otomotif. Namun untuk merealisasikannya membutuhkan pertimbangan yang membuat inovasi ini kerap hanya sebatas wacana.

Meski demikian saat ini di Inggris penggunaan gas metan untuk penggunaan aktual sudah dilakukan untuk bus, dan ini merupakan penerapan biogas pertama di Inggris untuk layanan rute khusus ke bandarda di kota Bath dan kembali ke Bristol.

Seperti dilansir Carscoops, keuntungan menggunakan sampah untuk menjalankan bus merupakan upaya go green dengan memanfaatkan energi terbarukan yang dapat diakses kapan saja karena metana yang dihasilkan dapat dibakar dalam mesin pembakaran internal konvensional.

Beberapa ahli menyebutkan metana hanya menghasilkan 30 persen karbon yang sangat kurang untuk jarak tempuh yang jauh berbeda dengan disel konvensional, karena metana mengalami proses kimia yang menghilangkan karbon dioksida dan menambah propana ke dalam campuran.

Namun inovasi ini, tetap sangat berguna dengan jangkauan 300 km dan daya angkut 40 orang. Selain itu bus ini mendapat tanda khusus dengan stiker sugestif, dan beda dengan bus biasa karena atapnya berpunuk yang menyembunyikan tank bertekanan tinggi untuk bahan bakar

Tinggalkan Balasan