Cara Bedakan Oli Asli dengan Palsu

image-mobkom-Cara Bedakan Oli Asli dengan Palsu
image-mobkom-Cara Bedakan Oli Asli dengan Palsu
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Berhati-hatilah bagi anda para pengendara untuk memilih suku cadang, khususnya oli. Saat ini, banyak beredar oli-oli palsu di pasaran.

Lalu, bagaimana cara membedakannya? Secara tampak, memang sangat susah membedakan oli asli dengan palsu. Karena dari sisi kemasan oli palsu memang sedemikian rupa dibuat semirip-miripnya agar tampak sama.

Cara membedakannya anda bisa merasakan saat membuka tutup botol oli. Jika oli palsu, tutup botol sangat mudah dilepas, bedakan dengan oli asli, dilepas agak keras dan pastinya ada bunyi “krek” ketika dibuka.

Begitu juga dengan segel dalam. Sangat mudah membuka segel dalam oli palsu. Segel oli asli lebih sulit dibuka, dan cenderung harus dibolongi segelnya untuk mempermudah pembukaan.

Hal lain yang dapat kita perhatikan untuk memedakan oli palsu dengan asli, ya tentu saja olinya. Oli palsu cenderung lebih encer.

Usahakan membeli oli di diler-diler atau bengkel resmi yang dapat dipercaya. Jangan beli di sembarang tempat karena harga yang lebih rendah. Jika harga lebih rendah dari pasaran, anda patut mencurigainya.

Masalah seketika akan muncul jika anda menggunakan oli palsu. Selain mesin dapat rusak, gejala awal penggunaan oli palsu adalah ruang oli lebih berkerak, yang menjalar sampai mesin.

Makan berhati-hatilah anda para pengendara. Jangan hanya diiming-imingi harga murah tetapi anda dapat mengorbankan mobil kesayangan anda*** (ZCO).

Tinggalkan Balasan