Di Jepang Pembeli Toyota Mirai Dapat Subsidi

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Tokyo, MobilKomersial.com – Pemerintah Jepang memberikan subsidi sebesar 2,02 juta yen atau sebesar Rp 202 juta. Adapun Toyota sendiri menjual sedan ramah lingkungan ini dengan harga 7.236.000 yen, atau setara dengan Rp 731 juta.

Pemerintah Jepang memberikan subsidi bagi warganya yang sangat peduli terhadap lingkungan. Salah satu kepedulian tersebut bisa diartikan dengan menggunakan kendaraan yang rendah emisi. Totoya sendiri sudah membuka penjualan Mirai sejak pekan ini di pasar domestiknya.

Menurut rencana, Toyota akan memproduksi sebanyak 700 unit hingga akhir 2015, dimana 400 unit diantaranya diperuntukan untuk pasar domestik Jepang. Namun Toyota juga telah siap untuk meningkatkan produksinya jika permintaan pasar meningkat.

Di Jepang sendiri, Toyota akan fokus terlebih dahulu untuk menjualnya di kota-kota besar, seperti Tokyo, Nagoya, Osaka dan Fukuoka. Pemetaan ini dikarenakan jaringan hidrogen, untuk pengisian bahan bakar mirai sudah dipasang.

Mirai dibuat memang menggunakan bahan bakar hidrogen, yang disimpan di dua tangki bertekanan tinggi. Hidrogen akan direaksikan dengan oksigen di fuel cell untuk menghasilkan listrik dan uap air.

Listrik digunakan untuk menggerakan mobil, dan sisanya disimpan di baterai. Sedangkan uap air dikeluarkan melalui emisi, bukan berupa gas berbahaya, tetapi melalui uap air itu sendiri. Karena hal tersebut, Mirai digolongkan sebagai ultimate eco car.

Tinggalkan Balasan