Hindari Kecelakaan Dengan Melakukan Pengereman yang Benar

image-mobkom-Hindari Kecelakaan Dengan Melakukan Pengereman yang Benar
image-mobkom-Hindari Kecelakaan Dengan Melakukan Pengereman yang Benar
Foto : Forwot

Jakarta, MobilKomersial.com – Pentingnya kesadaran akan bahaya kecelakaan lalu lintas wajib mendorong setiap pengendara untuk memehami standar berkendara yang baik dan benar.

Menurut Jusri Pulubuhu, Ketua Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), kecelakaan banyak terjadi karena kegagalan pengemudi kendaraan khususnya roda dua melakukan pengereman. Bahkan banyak pengemudi tidak mengetahui kapan menggunakan rem depan atau belakang.

“Kecelakaan fatal terjadi karena kegagalan atau kesalahan melakukan pengereman karena itu, masyarakat perlu mengetahui standar berkendara yang nyaman,” kata Jusri saat acara FORWOT Safety Riding For Ladies 2014 di Kawasan Pacuan Kuda, Pulo Mas, Jakarta Timur.

Untuk memberikan pemahaman bagaimana moment yang tepat dalam menggunakan rem, Jusri pun memaparkan kapan waktu yang tepat menggunakan rem depan dan kapan menggunakan rem belakang.

Bila kecepatan kendaraan roda dua kurang dari 30 km/jam pengemudi harus menggunakan rem belakang karena kemungkinan slip  sangat kecil.

Bila kendaraan dipacu dengan kecepatan diatas 30 hingga 80 km/jam, maka harus digunakan rem depan dan belakang, dengan menekan rem belakang hingga ban depan mendapat traksi dengan aspal untuk dilakukan pengereman depan dan belakang secara bersamaan.

Untuk itu setiap pengemudi roda dua perlu membiasakan diri untuk menggunakan rem dengan benar karena bila salah menggunakan rem kemungkinan kecelakaan akan sangat besar terjadi.

Kecelakaan lalu lintas di jalan raya banyak terjadi karena kesalahan dan kegagalan pengemudi kendaraan bermotor melakukan pengereman. Bahkan banyak dari pengendara tidak tahu kapan menggunakan rem

Tinggalkan Balasan