Honda S 2000 yang Mempesona

FOTO: istimewa
FOTO: istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Ada kalanya kita berpikir mengenai mobil impian. Kebanyakan dari mereka pasti menyebut mobil-mobil premium atau sport, sebut saja Lamborghini, Ferrari ataupun Rolls Royce. Tetapi anda jangan lupa bermimpi tentang mobil sport keluaran Honda, S 2000.

Pabrikan asal Jepang tersebut memproduksi S 2000 secara terbatas, hanya tak lebih dari 2.500 unit di dunia, dan dari angka itu, 20 unit dilempar ke pasar Tanah Air. Itulah yang menjadi daya tarik S 2000 makin mempesona, selain mesinnya yang bisa dibilang “nakal.”

Honda menanamkan S 2000 dengan mesin F20C AP 1 berkekuatan 2.000cc. Menggunakan transmisi manual 6-percepatan, mobil roadster ini dapat menghembuskan tenaga sebesar 250 daya kuda dengan torsi puncak 9.000 rpm. Mobil yang sudah menggunakan Euro2 untuk kadar emisinya ini dapat melesat hingga kecepatan 100 kilometer per jam tak lebih dari 7 detik.

Salah satu pemilik mobil S 2000 di Indonesia yang tak mau disebutkan namanya ini mengaku, bahwa terdapat kebanggaan tersendiri apabila menungganginya di jalan. Ia bercerita, ketika menghadiri sebuah acara di Sirkuit Sentul, mobil dua pintu yang ia pakai itu menjadi pusat perhatian seluruh orang yang ada di sana.

“Jadi orang-orang pada pakai Lambo lah, Ferrari lah, Porsche lah, tapi pas saya dateng pakai S 2000 semua langsung ngeliatin gitu, foto-foto, bahkan ada yang langsung nawar,” candanya.

Ia melanjutkan, sulit untuk melepas mobil ini walau banyak yang sudah menawarkan. Karena kelangkaan mobil inilah yang membuatnya mempunyai nilai lebih di mata pecinta otomotif dan kolektor.

“Sport car lain yang lebih mahal juga banyak di pasaran. Tapi kalau punya uang tapi barangnya tak ada, ya bagaimana. S 2000 sangat jarang, mau beli di mana coba walau punya uang,” jelasnya.

Untuk masalah perawatan, mobil keluaran tahun 2000 ini sering terjadi permasalahan pada elektical mobil, atau power steering yang perputaran mesinnya terlalu rendah. Selain itu gas juga masih sering “glitik”

FOTO: istimewa
FOTO: istimewa

Akan tetapi masalah itu dapat sedikit bisa kita hindari dengan melakukan perawatan berkala. Oli adalah faktor terpenting dalam perawatan. Disarankan, oli diganti setiap tiga bulan sekali, atau jika sudah menempuh jarak 3.000 kilometer.

Selain itu melakukan pengecekan berkala juga sangat diperlukan, mengingat faktor usia mobil ini. Bagian-bagian mesin harus sering dibersihkan dengan menggunakan engine cleaner atau perawatan ekstra. Karena, jika mesin sampai rusak, akan sangat merepotkan. Mungkin ada beberapa yang masih bisa dibetulkan, tetapi jika tidak, kita harus memesan parts langsung dari Jepang.

Akan terasa sangat sayang jika anda merubah atau mengganti bahkan memodifikasi mobil ini, karena kelangkaan mobil inilah yang membuatnya sangat berharga.

Tinggalkan Balasan