Kasus Airbag Takata Menyeruak, Recall Mobil Tahun Ini Tembus Angka Tertinggi

image-mobkom-adac
image-mobkom-adac
Foto : istimewa

New York, MobilKomersial.com – Tahun ini nampaknya menjadi tahun yang berat bagi produsen mobil dunia. Bagaimana tidak, badai recall tahun ini mencatatkan rekor tertinggi.

Untuk pasar Amerika Serikat sendiri recall tahun ini menjadi yang tertinggi. Dimana jumlah recall mobil mencapai 60 juta unit lebih. Mengalahkan angka tertinggi sebelumnya pada tahun 2004 dengan total recall sebanyak 30,8 juta unit.

Melesatnya angka recall tahun ini disinyalir karena permasalahan yang menimpa produsen airbag, Takata. Modul yang mengandung bahan berbahaya dapat menyebabkan airbag meledak kapan pun. Oleh sebeb itu sangat banyak produsen mobil yang menarik produksinya karena terlibat permasalahan ini.

Tetapi sebab meningkatnya recall tahun ini bukan karena masalah Takata semata. Menurut data lembaga keselamatan berkendara AS, NHTSA, penyebab penarikan mobil karena berbagai hal. Seperti saklar pengapian yang bermasalah.

Dari angka 60 juta unit mobil yang telah ditarik di AS, mobil produksi General Motor menyumbang paling banyak dengan 27 jutanunit kendaraan yang terkena recall terkait saklar pengapian dan kunci kontak.

Sementara itu Honda Motors menarik 5,4 juta mobilnya. Kemudian disusul oleh Fiat Chrysler dan beberapa pabrikan lainnya.

Tinggalkan Balasan