Mata, Kunci Utama Aman Menikung

Image-mobkom-Mata, Kunci Utama Aman Menikung
Image-mobkom-Mata, Kunci Utama Aman Menikung
Foto : Forwot

Jakarta, MobilKomersial.com – Mata menjadi kunci utama yang mengendalikan tangan pada stang kemudi sepeda motor, apalagi saat seorang pemotor menikung baik pada tikungan biasa atau tikungan penuh 160 derajat.

Menurut Jusri Pulubuhu, Chief Instructor Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), banyak kecelakaan terjadi karena mata pengendara tidak fokus pada tujuannya.

“Sebagian besar pengendara roda dua tidak fokus pada tujuannya, sehingga tangan pada stang kemudi tidak bergerak senada dengan tujuannya, dan biasanya, apalagi pada saat menikung,” kata Jusri di acara FORWOT Safety Riding For Ledies 2014, di Kawasan Pacuan Kuda, Jakarta Timur.

Pria yang puluhan tahun memberikan edukasi berkendara safety ini menjelaskan, secara natural mata menjadi poros pengendali, ketika pemotor ingin menikung atau memutar arah secara berlawanan.

Titik tuju mata, terang Jusri, akan memberikan isyarat pada pemegang kemudi untuk mengarahkan motor ke titik tersebut sehingga arah putaran akan semakin kecil sehingga memudahkan pengendara lebih muda bermanufer.

Jusri pun mengkritik kebiasaan pengendara yang selalu fokus pada objek bergerak, seperti motor, mobil atau orang yang menyeberang, ketimbang pada tujuan yang ingin dicapainya. Bila fokus mata ke objek tersebut maka putaran kendaraan akan keluar dari titik tuju sehingga kemungkinan benturan kendaraan justru akan terjadi karena kemudi akan kita arahkan ke objek mata.

Tinggalkan Balasan