Mengintip Dua Kekuatan Besar Kendaraan Niaga di Indonesia

image-mobkom-
Foto: Antonius Paulo

Jakarta, MobilKomersial.com – Sebagai tempat strategis industri di dunia, Indonesia merupakan pangsa besar bagi produsen kendaraan niaga. Hal tersebut membuat semua produsen kendaraan niaga ingin menguasai pasar Indonesia.

Tak dapat dipungkiri, terdapat peta kekuatan besar kendaraan niaga yang menguasai pasar Tanah Air. Kekuatan itu terpecah menjadi dua, yaitu Mitsubishi Fuso dan Hino Trucks.

Head to head mereka hampir ada di semua sektor, termasuk pertanian, infrastruktur, industri hingga pertambangan. Saling klaim sebagai kendaraan niaga terbaik di Indonesia pun, diumbar oleh kedua perusahaan asal Jepang ini.

Keduanya pun seakan tak mau kalah untuk memunculkan model teranyarnya. Baru-baru ini, Mitsubishi Fuso meluncurkan dua prodak baru mereka, Mitsubishi new Fuso FJ 2523 (6×2) Super Long dan FJ 2528 (6×4) Super Mixer.

Mitsubishi new Fuso FJ 2523 merupakan truk di kelas medium duty truck sebagai kendaraan pengangkut consumers goods dan kargo. Dengan kekuatan maksimum 230 PS, dengan panjang sasis 9,407 meter, truk ini seakan ditujukan untuk “menantang” kompetitor kuatnya di kelas truk medium, yaitu Hino 500 Ranger FL Series (6×2), khususnya tipe FL 235 JW.

Hino 500 Ranger sendiri mempunyai mesin disel (OHC) empat langkah segaris turbo charger intercooler, yang membuat pembakaran lebih sempurna, mesin lebih bertenaga serta hemat bahan bakar. Hino juga membekali truk ini dengan kabin aerodinamis yang membuat hambatan angin lebih kecil, sehingga membuat pembakaran otomatis lebih irit.

Sementara itu menjawab tantangan Fuso, Hino juga belum lama meluncurkan varian Ranger FM 320 P, yang merupakan kendaraan komersial kategori 3. Dengan tenaga 320 PS dan torsi maksimum mencapai 115 kg/m mesin turbo charger intercooler menggunakan transmisi 9-percepatan tipe M009, truk ini juga dilengkapi dengan fitur pengereman udara yang dilengkapi Anti-lock Breaking System (ABS), seperti fitur yang biasa disematkan pada kendaraan penumpang.

image-mobkom-hino-ranger-fm-320-p-andalan-jualan-hmsi
Foto : Hino

Jawaban Hino tersebut langsung dibalas kembali oleh Mitsubishi Fuso, dengan mengeluarkan truk di kategori yang sama, yaitu kategori 3. Ialah Mitsubishi new Fuso FJ 2528 (6×4) Super Mixer yang dibandrol Rp 746,5 juta. FJ 2528 dijatahi gross vehicle weight (GVW) 25 ton, dengan maksimum output 280 PS dan tersedia dalam pilihan model Ready Mixer dan Original Mixer.

Selain itu perang diskon, promosi dan promo seakan tak pernah padam bagi keduanya. Target tinggi pun, selalu dipasang oleh dua perusahaan besar itu pada awal musim perdagangan dimulai.

Untuk Hino, karena mempunyai pabrik produksi di Indonesia, tidak hanya memasarkan untuk pasar dalam negeri saja. Hino juga mencoba untuk merambah pasar global. Untuk saat ini, truk Hino yang diekspor baru mencapai satu persen dari total produksi, atau mencapai 1.050 unit setiap tahunnya.

Tak mau kalah, Mitsubishi Fuso juga melakukan pencapaian yang sangat membanggakan. Walaupun tak mempunyai pabrik produksi dalam negeri, artinya Fuso masih harus didatangkan dari Jepang, tetapi 50 persen dari total produksi truk Mitsubishi Fuso dikirimkan, atau diekspor ke Indonesia. Artinya Indonesia merupakan pangsa terbesar industri otomotif Negeri Sakura tersebut.

Tinggalkan Balasan