Mobil SMK Bertenaga Surya Tiba di Surabaya

image-mobkom-mobil-smk-bertenaga-surya-tiba-di-surabaya

Jakarta, MobilKomersial.com – Mobil SMK Bertenaga Surya Tiba di Surabaya. Mikrobus bertenaga surya, Suryawangsa 2, hasil garapan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Malang, Jawa Timur, akhirnya berhasil finish di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, setelah melakukan long journey sejauh kurang lebih 784 km dari Jakarta sejak 19 Desember 2014 lalu.

Suryawangsa 2

Sebelumnya, Suryawangsa 2 yang diluncurkan di kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Jakarta, (Jumat/19 Des) lalu, merupakan pengembangan dari model city car bertitel Suryawangsa 1.

Menurut Pahri, Kepala SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Jawa Timur ini, riset untuk pengembangan mikrobus ini dilakukan sejak 2010. “Untuk kali ini penyempurnaannya dilakukan dengan mengembangkan jenis mikrobus yang menggunakan energi listrik dari sel surya,” jelas Pahri singkat di sela peluncuran mobil SMK bertenaga surya ini.

Start awal yang dilepas oleh Mendikbud Anies Baswedan dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta itu, Suryawangsa 2 mulai dijajal untuk melintasi jalur pantai utara (pantura) pulau Jawa menuju Surabaya sejauh 784 km. Rute yang dilintasi mikrobus bertenaga surya ini yaitu Tugu Monas, Tol Cikampek, Indramayu, Cirebon, Brebes, Kendal, Semarang, Demak, Kudus, Rembang, Tuban, Lamongan, Gresik dan finish di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur.

“Alhamdulillah, Tour De Java Mikrobus Solar-Car Suryawangsa 2 berjalan lancar, sesuai rencana. Mobil ini kuat dan tangguh. Tak ada kerusakan dan hambatan serius, bahkan hujan dan banjir maupun tanjakan curam bisa dilewati, dan mobil tanpa bahan bakar minyak ini mampu melaju dengan kencang dan mulus,” ungkap Pahri.

Tinggalkan Balasan