Mulai 1 Januari 2015, Premium Tak Lagi Disubsidi

image-mobkom-APM : Pengaruh Kenaikan BBM Hanya Sementara
image-mobkom-APM : Pengaruh Kenaikan BBM Hanya Sementara
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Mulai pukul 00.00 tanggal 1 Januari 2015, pemerintah akan memberlakukan harga baru untuk bahan bakar minyak (BBM) jenis premium.

Mulai tanggal 1 Januari 2015, pemerintah akan memberlakukan penyesuaian harga BBM jenis premium terhadap harga minyak dunia. Dalam arti lain, pemerintah akan mencabut subsidi BBM premium. Pemerintah hanya memberikan subsidi untuk BBM solar.

Harga premium di Indonesia nantinya dapat berubah-ubah mengikuti fluktuatifnya harga minyak dunia. Saat ini harga minyak dunia tengah merosot hingga level 60 dollar AS per barel.

Walau harga premium akan mengikuti harga minyak dunia, pemerintah tak serta merta melepas harga tersebut. Pemerintah tetap akan mengawasi dan mengatur harga BBM jenis premium tersebut.

Karena harga pasar senang menurun, dengan kata lain harga BBM premium mulai tanggal 1 Januari 2015 juga akan turun menjadi Rp 7.600 per liter, setelah sebelumnya menyentuh angka Rp 8.500 per liternya.

Perhitungan harga dasar ini menggunakan indeks pasar dan nilai tukar rupiah terhadap dillar AS dengan kurs beli Bank Indonesia.

Tinggalkan Balasan