November, Penjualan Roda Dua Turun 13,7 Persen

image-mobkom-November, Penjualan Roda Dua Turun 13,7 Persen
Foto : Dimas

Jakarta, MobilKomersial.com – Efek kenaikan Bahan bakar mulai terasa pada penjualan roda dua. Dari catatan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) penjualan secara wholesales pada November mengalami penurunan sekitar 13,7 persen.

Pada November wholesales sepeda motor hanya mencapai 587.131 unit, dibandingkan penjualan Oktober yang mencapai 680.642 unit. Dengan pencapaian tersebut penjualan pada periode Januari-November baru menembus 7.347.688 unit.

Menurut Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial AISI, faktor utama penurunan penjualan akibat inflasi tinggi yang disebabkan kenaikan harga bahan bakar, karena meskipun banyak pengamat yang mengatakan dampaknya tidak akan berlangsung lama tetapi dampaknya tetap berpengaruh bagi penjualan roda dua.

Hal yang sama dirasakan langsung oleh Suzuki, Yohan Yahya General Maneger 2W PT Suzuki Sales Indonesia mengatakan kenaikan BBM membuat penjualan agak melambat diakhir tahun sehingga butuh waktu untuk pemulihan.

Meski demikian, Yohan yakin berdasarkan pengalaman kenaikan sebelumnya, pasar hanya akan melesuh satu sampai dua bulan, sehingga pada tahun baru yang akan datang pasar roda dua akan kembali normal.

Tinggalkan Balasan