Perancis Batasi Penggunaan Mesin Disel

Perancis Batasi Penggunaan Mesin Disel
Perancis Batasi Penggunaan Mesin Disel
FOTO: istimewa

Paris, MobilKomersial.com – Perdana Menteri Perancis, Manuel Valls mengklaim jajaran pemerintahannya telah memperkenalkan sebuah sistem yang dirancang untuk mengidentifikasi kendaraan yang paling banyak menyubang polusi.

Selain akan menggunakan sistem tersebut, langkah yang lebih menyita perhatian adalah pemerintah Perancis berencana dengan cara bertahap akan menghentikan pengiriman bahan bakar disel untuk kendaraan pribadi berjenis mobil penumpang.

Dalam pidatonya, Valls mengatakan bahwa pemerintah Perancis ingin memperkenalkan sistem indetifikasi yang dirancang untuk mengetahui peringkat kendaraan dengan tingkat polusi tertinggi. Hal tersebut bertujuan diperkirakan untuk membatasi model mobil dengan polusi buruk ke “Negara Romantis” tersebut.

“Sejak lama warga Perancis sangat menyukai mesin disel. Ini adalah sebuah kesalahan, dan kami akan menghapusnya dengan cerdas dan pragmatis,” terangnya di Paris.

Menurut Valls, hingga saat ini sekitar 80 persen mobil yang berada di Perancis mempunyai tenaga disel. Valls juga mengatakan bahwa pemerintah akan memandu pembeli mobil untuk tidak menggunakan mobil dengan tingkat polusi tinggi.

Selain itu sistem ini memandu masyarakat Perancis agar menggunakan alternatif yang lebih ekologis. Karena saat ini pemerintah Perancis akan menggunakan retribusi APBN 2015 untuk mengurangi arus keuntungan pajak disel yang saat ini melebihi pajak gas.

Tinggalkan Balasan