Teknologi Komunikasi Toyota dapat Hindari Kecelakaan

Teknologi Komunikasi Toyota untuk Hindari Kecelakaan
Teknologi Komunikasi Toyota untuk Hindari Kecelakaan
FOTO: Toyota

Jakarta, MobilKomersial.com – Saat ini bukan hanya mesin dan keanggunan model yang dikedepankan para produsen otomotif. Tetapi perang teknologi sudah mulai bergaung di industri ini.

Perusahaan-perusahaan otomotif saat ini mulai menerapkan berbagai teknologi, mulai dari keselamatan, kenyamanan hingga teknologi mesin ramah lingkungan yang mulai diterapkan di semua merek kendaraan.

Untuk raksasa pabrikan asal Jepang, Toyota telah menciptakan teknologi keselamatan barunya. Mengadopsi teknologi safety terbaru, teknologi bernama Toyota Safety Sense ini akan mulai diterapkan pada tahun depan.

Toyota Safety Sense ini memungkinkan mobil dengan mobil lainnya bisa saling berkomunikasi untuk menghindari kecelakaan. Selain itu hebatnya, mobil juga dapat berkomunikasi dengan lampu-lampu lalulintas maupun rambu lainnya.

Sistem kerjanya, pengemudi akan menerima peringatan melalui suara maupun audio visual ketika ada mobil lain yang beresiko mengalami kecelakaan. Rambu lalulintas juga dapat memberikan sinyal ke mobil agar menggambarkan kondisi dipersimpangan aman atau tidak untuk dilewati.

Teknologi ini didukung oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Lembaga keselamatan berkendara di Amerika Serikat tersebut akan mengharuskan setiap mobil dilengkapi dengan teknologi seperti ini. Menurut NHTSA, teknologi yang dikenal dengan nama V2V ini dapat mencegah 600.000 kecelakaan dan 1.000 kematian tiap tahunnya.

Tambahan teknologi Toyota lainnya adalah lampu depan adaptive LED yang dapat menerangi jalan tanpa menyilaukan pengendara mobil lainnya. Adapun Toyota akan menerapkan Safety Sense di pasar lokal Jepang, dan akan dapat dinikmati konsumen di Amerika Serikat dan Eropa.

Tinggalkan Balasan