Tips Bersihkan Tangki Bensin Sepeda Motor Anda

image-mobkom-ducati-indiana
image-mobkom-ducati-indiana
Foto: istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Pada dasarnya semua komonen sepeda motor membutuhkan perawatan. Jika sepeda motor anda mogok, bisa dimungkinkan anda lalai dalam merawat kendaraan anda.

Lalai dalam perawatan tangki bensin juga dapat menyebabkan mogok hingga kerusakan pada motor anda. Karena tangki bensin bisa menimbulkan karat dan kotor karena adanya kotoran atau air yang masuk ke dalam tangki bensin.

Selain itu, udara dan uap di dalam tangki dapat membentuk embun di dalam tangki. Lalu embun tersebut lama kelamaan akan menimbulkan kotoran dan karat yang ada di dalamnya, dan bila terlalu lama dibiarkan, akan terjadi kebocoran.

Lalu bagaimana agar tak terjadi hal demikian? Bagaimana cara membersihkannya? Tenang, MobilKomersial mempunyai tips untuk membersihkan tangki bensin pada motor anda.

Langkah pertama anda harus menguras tang bensin. Setelah itu tutup lubang outletnya dan isi dengan satu hingga dua gelas bensin, dan sangat disarankan menggunakan bensin dengan oktan yang tinggi, agar lebih bersih.

Lalu kocok tangki dengan cara menggoyangkannya agar bensin baru tersebut menyebar hingga menyebar ke dinding tangki secara menyeluruh. Setelah beberapa menit, buka lubang outletnya dan buang bensinnya. Aktifitas ini bila perlu dilakukan dua hingga tiga kali.

Setelah itu pastikan bensin penuh saat ingin diparkir semalaman. Selain itu hindari cuci steam yang langsung tersembur ke tangki bensin, karena tekanan air yang cukup tinggi bisa masuk ke dalam tangki melalui tutup tangki.

Selain itu pengurasan secara berkala tiap enam bulan sekali untuk memastikan tidak ada unsur air di dalam tangki motor anda. Oh ya, satu lagi, karet tutup tangki disarankan juga diganti jika dirasa sudah melar dan tak tertutup rapat ya, Komers.

Tinggalkan Balasan