Aksi Begal Menyeruak, Ini Trik Menghindarinya

image-mobkom-Aksi Begal Menyeruak, Ini Trik Menghindarinya
image-mobkom-Aksi Begal Menyeruak, Ini Trik Menghindarinya
Ilustrasi/ Foto: istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Aksi begal sepeda motor yang marak terjadi akhir-akhir ini membuat masyarakat panik, khususnya bagi bikers. Terlebih, jika pulang larut, rasa ketakutan makin menghantui pesepda motor yang melintas di jalan-jalan yang terbilang sepi.

Hasilnya, banyak pengendara sepeda motor yang langsung menekan gas full dengan kecepatan tinggi karena rasa takut akan adanya begal yang dapat mengintai siapa saja. Rasa panik dan paranoid biasanya menjadi penyebab pengendara sepeda motor mamacu kendaraannya dengan sangat kencang.

Akan tetapi tahukah anda MobKomers sekalian, memacu kendaraan dengan kekuatan penuh sangat tak disarankan. Hal tersebut karena dengan semakin kencangnya anda melaju, ditambah kepanikan yang melanda, fokus anda akan berkurang dan justru akan membahayakan, mengingat risiko kecelakaan sangatlah besar dalam keadaan seperti itu.

“Lebih baik masuk ke dalam gang atau kompleks sekitar jalan, untuk menghindari orang yang diduga membuntuti kita. Sebab, biasanya begal enggan melakukan kejahatan di sekitar wilayah pemukiman warga,” terang pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting and Road Safety Practioner, Jusri Pulubuhu.

Selain itu Jusri menyarankan, agar sepeda motor anda untuk dilengkapi dengan sistem keamanan ganda, seperti sistem pelacak, atau teknologi yang dapat mematikan motor dengan menggunakan ponsel.

Tapi yang terpenting, anda harus mengetahui kondisi rute yang anda lalui sehari-hari. Jika dirasa rute tersebut tergolong sepi atau kurang aman, lebih baik mencari jalan alternatif lain. Terlebih jika sudah larut malam, sangat disarankan untuk menghindari jalan sepi. Dan usahakan berjalan berbarengan, atau konvoi dengan pengendara motor lainnya.

 

 

Tinggalkan Balasan