Sertifikasi Karoseri Isuzu Mencakup Ragam Aplikasi Bodi Truk dan Bus

image-mobkom-Pasar seret, Isuzu : Watu Tepat Resmikan Pabrik
image-mobkom-Isuzu akan Tingkatkan Local Content Truk Hingga 60 Persen
Foto : Wilfridus Kolo

Jakarta, MobilKomersial.com – Sejak dua tahun terakhir, tepatnya sejak 2014, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) melakukan seleksi dan sertifikasi industri karoseri yang menjadi mitra kerjanya dalam perakitan kendaraan niaga di Indonesia.

Yang terbaru, IAMI menyatakan ada 12 industri karoseri lokal, meliputi karoseri kendaraan barang (truk) dan penumpang (bus) baik Penyerahan sertifikasi karoseri yang terbaru dilakukan PT IAMI di sela gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, Rabu (27/8/2015) lalu.

Jenis-jenis bodi kendaraan yang diproduksi oleh industri karoseri yang mendapat sertifikasi tersebut meliputi bodi kendaraan untuk angkutan barang (truk) dengan beragam aplikasinya, dan kendaraan untuk angkutan penumpang seperti bus.

Untuk truk, mencakup bodi kendaraan (aplikasi) untuk barang, berupa bak muatan tertutup seperti truk boks yang menggunakan material besi, truk boks dari bahan alumunium, truk bak dengan muatan terbuka untuk angkutan barang curah seperti dump truk dan truk dengan bak kayu, truk angkutan barang bukan curah seperti bodi untuk mengangkut kendaraan ke diler atau car carrier, flat deck dan lain-lain. Begitu juga bodi untuk angkutan barang cair dan barang kimia cair, serta bodi kendaraan untuk keperluan khusus seperti pemadam kebakaran.

Sementara, aplikasi untuk kendaraan penumpang meliputi bodi bus kecil dengan total GVW (berat keseluruhan) 3,5 sampai 5 ton, bodi bus sedang dengan GVW 5 sampai 8 ton, serta bus besar dengan total GVW 8 sampai 16 ton. Program sertifikasi juga menjaring karoseri untuk proses pembuatan bodi untuk bus dengan GVW lebih besar lagi, yakni di kisaran 16 sampai 24 ton, bus gandeng (articulated) dengan berat kombonasi total 22 sampai 26 ton hingga bus tingkat dengan total GVW 21 sampai 24 ton.

Tinggalkan Balasan