Pakai Pick Up Tata Super Ace dapat Menghemat Biaya BBM Rp 1 Juta Per Bulan

Pick Up Super Ace , Tulang Punggung Penjualan Mobil Tata di Indonesia

FOTO : APS

Jakarta, MobilKomersial.com – Pasar otomotif Tanah Air sejak dua tahun terakhir dikejutkan oleh kehadiran pick up kecil bermesin diesel Tata Super Ace dari Tata Motors. Super Ace menggebrak kemapanan pasar mobil pick up kecil berdaya angkut 1 ton di Indonesia yang selama ini dikuasai oleh kendaraan bermesin bensin.

Mesinnya yang berbahan bakar solar membuat pick up ini mampu mencuri perhatian konsumen. Terbukti, sampai dengan Agustus 2015, lebih dari 1.000 unit pick up ini laku terjual.

Pihak Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), distributor tunggal mobil Tata Motors di Indonesia mengklaim, pick up ini lebih hemat dalam biaya operasional yang harus dikeluarkan konsumen jika dibandingkan dengan memiliki pick up bermesin bensin.

Bahkan, TMDI berani mengklaim penghematan biaya BBM dan biaya servis-nya per bulan setara dengan 50 persen nilai angsuran pembelian mobil ini per bulannya.

Bagaimana hitung-hitungannya? Dimulai dari konsumsi BBM per liter, TMDI mengklaim Super Ace mampu menempuh jarak 14 kilometer per liter solar yang diasup. Sementara, pick up bermesin bensin hanya 11 kilometer per liter bensin yang diasup.

Dengan asumsi Super Ace menjalani total jarak tempuh 6.000 kilometer per bulannya, maka total biaya bahan bakar yang dikeluarkan untuk Super Ace hanya Rp 2.957.143 per bulannya (asumsi harga solar Rp 6.900 per liter). Sementara, untuk menjalankan pick up bermesin bensin dengan total jarak tempuh sama per bulannya, pemilik harus merogoh kocek lebih dalam, mencapai Rp 4.036.364 per bulannya (asumsi harga bensin Rp 7.400 per liter).

Dengan demikian, terdapat penghematan yang diperoleh dari selisih harga beli bahan bakar per bulannya bagi pemilik pick up Super Ace sebesar Rp 1.079.221.

Dengan kondisi harga BBM yang berfluktuatif dan cenderung terus naik seperti sekarang, memiliki mobil yang hemat bahan bakar tentu menguntungkan.

Selain lebih irit dalam konsumsi bahan bakar, TMDI juga mengklaim pick up Super Ace lebih murah dalam biaya perawatan per bulannya. Yakni hanya Rp 1.922.532. Semetara, pick up bermesin bensin membutuhkan biaya Rp 2.212.131 per bulan.

Di gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 lalu, TMDI meluncurkan paket servis gratis untuk Tata Super Ace hingga 60 ribu kilometer atau  dua tahun.

“Kami harap program ini dapat membantu konsumen untuk lebih fokus pada bisnis dan usaha yang mereka jalani tanpa memikirkan hal lain,” kata Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI.

 

Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan