‘Permak Wajah’ Cara Hemat Segarkan Penampilan Bus (Bag 1)

image-mobkom
image-mobkom
Foto: istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Di dunia kendaraan komersial, khususnya transportasi umum jenis bus, juga dikenal yang namanya dress up, sebagaimana biasa terdapat pada kendaraan jenis passenger car atau kendaraan pribadi.

Hal ini lantaran secara berkala, industri karoseri di Indonesia, terutama industri-industri karoseri ternama, melakukan penyegaran produk bus dan coach yang mereka pasarkan ke konsumen dengan menghadirkan bus-bus dengan model dan desain terbaru.

Sayangnya, tidak semua pengusaha bus sanggup meremajakan armadanya dengan membeli bus baru dengan desain bodi yang juga baru. Demi mengikuti perkembangan tren yang berkembang, sekaligus agar tidak ditinggalkan penumpang yang berpaling ke perusahaan otobus lain yang memiliki armada dengan tamplan lebih bagus, pengusaha bus yang modalnya terbatas lalu menempuh berbagai siasat. Satu diantaranya adalah dengan melakukan perombakan minor.

Perombakan minor biasanya banyak dilakukan pada aspek eksterior dengan fokus mengubah desain cowl (muka) bagian depan bus dan bagian belakang.

Di Indonesia, terutama di Pulau Jawa, banyak bengkel-bengkel karoseri yang menyediakan jasa dress up ulang bus. Misalnya Karoseri Equator di Jakarta, Kuda Mas di Tangerang Selatan, Dafi Putra di Probolinggo, dan lain-lain.

image-mobkom
foto: istimewa

Karoseri Dafi Putra misalnya, sejak beberapa tahun terakhir mengerjakan proyek dress up armada bus dari sejumlah PO ternama seperti PO Kalisari (Surabaya), PO Ind’s 88 Trans, PO Jember Indah (Jember), PO Akas Asri, PO Mila Sejahtera, dan Akas NR (Probolinggo). Beberapa karoseri cukup ternama pun seperti Karoseri Gunung Mas di Madiun juga menyediakan jasa semacam ini.

Proyek garapan terbaru Karoseri Dafi Putra adalah mempermak ulang wajah bus PO Kalisari, Surabaya dari model Setra lama ke model Setra baru, Setra Top Class, yang sekarang sedang hype sejak model new Setra ini diluncurkan Karoseri Adi Putro di gelaran pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) September 2014 lalu. Proyek garapan yang sama juga baru saja selesai dilakukan Karoseri Dafi Putra untuk armada milik PO Berkah Jaya, Gresik, Jawa Timur. Hasilnya, tampilan bus jadi lebih segar dan mengikuti mode. (Bersambung)

 

Penulis: M. Arif

 

1 thought on “‘Permak Wajah’ Cara Hemat Segarkan Penampilan Bus (Bag 1)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: