‘Permak Wajah’ Cara Hemat Segarkan Penampilan Bus (Bag 2)

image-mobkom-
image-mobkom-
Foto: istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Biaya memang menjadi alasan utama banyak pengusaha bus memilih cara mempermak wajah pada armada-armada bus lamanya demi menyegarkan tampilan bus tetap trendi di mata pelanggan ketimbang harus memesan bodi baru ke karoseri yang harganya jauh lebih mahal.

Bandingkan saja, memesan bodi karoseri model terbaru dari karoseri ternama saat ini pengusaha bus minimal harus mengeluarkan biaya Rp 200 jutaan (di luar harga beli sasis, dan AC). Harga itu akan lebih mahal lagi jika ditambah beragam fitur di interiornya seperti toilet, sekat untuk ruang merokok, sekat kabin penumpang dan ruang awak bus, rak bagasi atas dengan penutup, pilihan model dan merk kursi penumpang, dan sebagainya.

Sementara, jika memilh cara mempermak tampilan depan dan belakang bus ke bengkel karoseri, pengusaha hanya perlu mengeluarkan biaya mulai dari puluhan juta rupiah saja. Tampilan bus sudah kembali segar.

Memang, harus diakui, bus hasil permak ulang workshop karoseri yang menjiplak model aslinya yang diproduksi industri karoseri dan dibangun dari nol, memang tak akan bisa sama persis. Ada saja aspek tertentu di interior dan eksterior yang tidak sama antara keduanya. Tapi paling tidak, strategi permak ulang ini akan membuat tampilan bus jadi lebih fresh dan mengikuti selera konsumen.

Menurut Endang, seorang mekanik senior di sebuah karoseri di Jawa Tengah, teknik permak ulang bus membutuhkan cita rasa seni yang kuat dari para mekanik yang mengerjakannya. Mekanik harus bisa membaca garis-garis desain dari model bus yang dijiplak atau ditiru. Tujuannya, agar tampilan bus hasil permakan tersebut mendekati tampilan bus aslinya yang dikeluarkan oleh karoseri ternama.

Dia membenarkan salah satu kunci utama mempermak tampilan bus agar kembali segar dan mengikuti perkembangan ‘mode’ bus yang sedang berkembang adalah dengan mengubah total cowl (wajah) depan dan belakang bus.

Agar tampilan bus mendekati aslinya, jika perlu, dudukan kaca bus juga diubah. Misalnya untuk kaca depan. “Agar mendekati model bus yang sedang trendi yang akan ditiru, dudukan kaca juga sebaiknya diubah mas,” kata Endang.

Dalam praktiknya, model bus-bus tebaru buatan Karoseri Adi Putro, Malang, adalah yang paling banyak diminati oleh pengusaha bus untuk ditiru desainnya untuk diaplikasikan pada bus-bus lama mereka. Misalnya, desain bus New Travego Jetbus2 HD, dan New Setra Top Clas Jetbus2 HD. Ini lantaran karoseri ini sejak lama dikenal sebagai trendsetter dalam desain bus di Indonesia, selain juga karena kualitas finishing eksterior dan interiornya yang bagus.

 

Penulis: M. Arif

2 thoughts on “‘Permak Wajah’ Cara Hemat Segarkan Penampilan Bus (Bag 2)

  1. Apakah dress up ini tidak melanggar hak cipta dari karoseri aslinya? Atau memang sudah harus punya ijin sebelumnya?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: