Peraturan Penggunaan Sabuk Pengaman untuk Wanita Hamil, Orang Sakit dan Anak-Anak

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Sabuk pengaman difungsikan sebagai sistem keselamatan yang akan menahan tubuh Anda saat terjadi kecelakan, untuk itu penggunaan sabuk pengaman yang benar sangatlah penting terlebih bagi anak-anak serta wanita hamil.

Pada mobil yang menggunakan sabuk pengaman tipe 3 titik, akan dilengkapi dengan retraktor pengunci darurat Emergency locking retractor (ELR). Retraktor ini akan mengunci sabuk pada peristiwa pengereman mendadak atau kecelakaan.

Retraktor ini dapat juga terkunci jika Anda cepat. Gerakan perlahan dan lambat akan membuat sabuk memanjang sehingga Anda dapat bergerak sepenuhnya.

Untuk penggunaan sabuk pengaman pada wanita hamil, pertama dapatkanlah nasehat kesehatan dan pakailah sabuk keselamatan dengan cara yang benar.

Posisi sabuk pangkuan wanita hamil adalah serendah mungkin di atas pinggul sama dengan penumpang biasa. Panjangkan sabuk bahu sepenuhnya melewati bahu dan posisi sabuk melintang dada. Hindari sabuk menyentuh sekitar area perut.

Untuk penderita sakit, dapatkan pula nasehat kesehatan dan pakailah sabuk keselamatan sesuai dengan cara yang biasa diterapkan pada orang biasa.

Aturan penggunaan sabuk keselamatan untuk tempat duduk anak juga berbeda karena sabuk keselamatan di kendaraan Anda pada dasarnya dibuat untuk ukuran dewasa.

Gunakan sistem pengaman anak yang sesuai dengan anak-anak, sampai anak itu cukup besar untuk mengenakan sabuk keselamatan kendaraan dengan sempurna.

Bila anak-anak sudah cukup besar untuk menggunakan sabuk keselamatan kendaraan, ikuti petunjuk pada buku panduan yang sudah diberikan berkaitan dengan pemakaian sabuk keselamatan.

Mengenai regulasi sabuk keselamatan sendiri sangat bergantung akan aturan yang diterapkan oleh masing-masing negara, jika ada peraturan sabuk keselamatan di negara tempat Anda tinggal, silakan hubungi dealer mobil Anda untuk penggantian atau pemasangan sabuk keselamatan.

Mengingat pentingnya memperhatikan penggunaan sabuk keselamatan untuk penumpang dengan kondisi yang berbeda-beda, akan lebih baik jika Anda selalu memastikan jika si penumpang merasa nyaman saat berada di kursi penumpang dengan sabuk pengaman terpasang.

Tinggalkan Balasan