Proterra Kenalkan Bus Listrik Baru di Pasar AS

Bus listrik

Bus listrik buatan Proterra Inc.California, MobilKomersial.com – Produsen bus listrik Proterra Inc., berbasis di Greenville, Carolina Selatan, Amerika Serikat, memperkenalkan seri bus listrik baru. Bus dengan panjang 35 kaki ini dibangun dengan menggunakan teknologi yang sama seperti diaplikasikan pada pembuatan bus Catalyst dengan panjang 40 kaki yang sudah lebih dulu diluncurkan.

Kepedulian pada isu keselamatan di jalan raya membuat Proterra melakukan penyempurnaan teknologi sistem keamanan pada bus barunya ini. Antara lain, memasang teknologi pencegah tabrakan, dan traksi kontrol.

Dallas Area Rapid Transit (DART) akan menjadi konsumen pertama yang akan membeli dan mengoperasikan bus ini. DART memesan tujuh unit bus Catalyst FC dan dua unit mesin pengisian ulang cepat ke baterai.

Sebelumnya, bus Catalyst dengan panjang 40 kaki berhasil memecahkan rekor nasional di AS, dari aspek efisiensi, gradeability, bobot kendaraan dan akselerasi berdasarkan hasil riset Altoona Bus Research and Testing Center. Di AS sendiri, Proterra, Inc. dikenal sebagai perusahaan otomotif yang fokus pada pembuatan kendaraan bebas emisi gas buang, kendaraan elektrik untuk angkutan perkotaan.

 

Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan