Scania K360 IB, Bus Laris dari United Tractors (Bagian I)

Armada bus Scania K360 IB 4x2 PO Satria Muda, PurwokertoJakarta, MobilKomersial.com – Di antara bus-bus completely built up (CKD) yang dipasarkan PT United Tractors Tbk, agen tunggal pemegang merk kendaraan Scania di Indonesia, boleh dibilang varian bus Scania K360IB 4×2 menjadi salah satu yang paling laris dipasarkan di Indonesia. Sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2012 lalu, bus ini berhasil memikat banyak pengusaha bus di Indonesia.

Mereka membelinya untuk memperkuat jajaran armada bus, khususnya untuk melayani kebutuhan konsumen terhadap layanan bus mewah di Indonesia. Sejumlah operator bus mengoperasikan Scania K360IB untuk bus pariwisata dan bus malam antarkota antarprovinsi (AKAP).

Beberapa perusahaaan otobus yang sudah mengoperasikannya antara lain PO Siliwangi Antar Nusa (SAN) Jakarta, PO Harapan Jaya Tulungagung, PO BGS Trans/Satria Muda Purwokerto, PO Pandawa 87 Pasuruan, dan PO Primadona Makassar.

Kalau ditilik, keistimewaan bus ini cukup banyak. Antara lain karena menggunakan sasis space frame, mesin yang bertenaga besar serta penggunaan suspensi udara pada kaki-kakinya. Hal demikian membuat perjalanan jauh maupun dekat jadi terasa nyaman.

Bus Scania K360 IB 4×2 ditenagai mesin diesel berkapasitas 13.000 cc dengan tenaga maksimum 360 horse power, salah satu tipe mesin bus 4×2 terbesar di kelasnya. Kenyamanan ekstra bagi penumpang pada bus ini diberikan melalui penggunaan built-in air suspension pada keempat titik rodanya. Suspensi udara ini dikendalikan secara elektronis untuk mengatur tinggi rendahnya posisi suspensi.

Adanya fitur Kneeling & Lowering pada suspensi ini membuat penumpang jadi mudah saat akan masuk ataupun keluar dari kabin bus. Saat penumpang akan turun, pengemudi tinggal menurunkan ketinggian suspensi udaranya, begitu pula sebaliknya.

Fitur andalan lainnya pada bus ini adalah Gear Box Comfort Shift dan Cruise Control. Cruise control membuat nyaman pengemudi saat bus dibawa melaju di trek lurus dan jalan sepi. Dengan mengaktifkan fitur Cruise Control pengemudi bisa menge-set kecepatan bus pada level tertentu tanpa perlu repot lagi menginjak pedal gas.

Seluruh panel instrumen pada Scania K360 IB sudah digitalized. Dengan demikian, pengemudi dengan mudah dan cepat memantau berbagai indikator penting selama mengoperasikan bus ini.

 

Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan