Belajar dari Kadal, Ford Cari Teknologi Perekat Baru untuk Otomotif

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Detroit, MobilKomersial.com – Ford Motor Company kini sedang melakukan riset untuk mencari inovasi teknologi terbaru tentang bahan perekat untuk industri otomotif, yakni dengan mempelajari kemampuan kadal yang mampu melekatkan  bantalan kakinya pada hampir semua permukaan tanpa cairan atau tegangan.

Untuk langkah ini, Ford menggandeng produsen produk consumer Procter & Gamble untuk menggunakan biomimicry sebagai solusi bisnis.

Keterangan pers Ford menyebutkan, sudah lama para peneliti Ford telah memikirkan jalan keluar untuk membuat pabrikan otomotif lebih berkelanjutan. Tantangan utama adalah penggunaan lem untuk menempelkan foam perekat pada plastik dan logam dapat membuat kemungkinan daur ulang bagian/perangkat mobil tidak mungkin dilakukan.

Bantalan kaki kadal membuat kadal bisa menempel di hampir semua permukaan tanpa cairan atau tegangan. Jenis reptil ini dapat dengan mudah melepaskan dirinya dari permukaan tersebut tanpa meninggalkan jejak. Kemampuan kadal dewasa seberat 2,5 ons yang mampu menahan beban seberat 293 pounds juga menjadi sorotan.

“Kadal bisa menjadi inspirasi inovasi bahan perekat untuk penggunaan di Ford secara global,” kata Debbie Mielewski, senior technical leader for plastics and sustainability research Ford.

“Memecahkan masalah ini bisa menghemat biaya dan jelas sekali menghemat penggunaan sumber daya lingkungan. Artinya, kita dapat meningkatkan daur ulang ke lebih banyak foam dan plastik dan kedepannya mengurangi jejak lingkungan,” imbuhnya.

Didukung dengan metode biomimetic, Ford baru saja menggelar sebuah forum di kampus Dearborn dengan partisipasi dari Procter & Gamble dan The Biomimicry Institute, sebuah organisasi nirlaba yang berkomitmen untuk mendorong pendekatan inovatif yang mencari solusi berkelanjutan bagi alam untuk menghadapi tantangan di masa modern.

Hampir 200 peneliti dan desainer ambil bagian dalam sesi ini untuk mempelajari biomimicry dan bagaimana untuk mengaplikasikannya dalam pekerjaan mereka. “Kami sangat senang dengan kesempatan yang diberikan untuk berpartisipasi dengan Ford –yang sebelumnya juga pernah bekerja sama dengan kami,  dalam workshop di The Biomimicry Institute,” jelas Lee Ellen Drechsler, director for corporate connect and development, The Procter and Gamble Company.

“Di Procter & Gamble kami memiliki keinginan untuk menggunakan biomimicry sebagai jalan untuk memperluas pendekatan kami untuk memecahkan tantangan penelitian,” pungkasnya.

 

 

 

Tinggalkan Balasan