Bus Discovery Bisa Untuk Aplikasi Mesin Depan Atau Belakang

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Selain memproduksi bus premium Legacy Sky untuk aplikasi sasis bus bermesin belakang (rear engine), Karoseri Laksana di Ungaran, Jawa Tengah, juga memproduksi bus besar lainnya dengan nama Discovery untuk aplikasi bus bermesin depan (front engine).

Bambang Sutejo, perwakilan Karoseri Laksana yang kami temui di sela Pameran Transportasi Indonesia 2015 di Gedung Smesco, Jakarta, baru-baru ini mengatakan, harga bus Discovery ini sekitar Rp 20 sampai 30 juta lebih murah dari varian Legacy Sky. Harga bus Legacy Sky sendiri adalah Rp 450 juta full option (belum termasuk unit AC).

Bambang menjelaskan, harga untuk Discovery tersebut belum mencakup AC, namun sudah mencakup jok (seat) penumpang. Khusus bus Discovery ini, tersedia opsi sebagai bus full AC atau bus non-AC. Selain itu, bisa juga untuk aplikasi bus bermesin depan maupun belakang.

Bus Discovery saat ini banyak dipesan dan dioperasikan oleh pengusaha bus antarkota antarprovinsi. Antara lain oleh perusahaan otobus (PO) di Jawa Timur dan sejumlah kota lain di Jawa Tengah dan Jabodetabek. Diantaranya, PO Rosalia Indah, PO Sumber Selamat/Sugeng Rahayu, PO Harapan Jaya, PO Mila Sejahtera Akas IV, PO Jaya, PO Maju Lancar, PO Putri Jaya.

Bus Discovery juga dipakai sebagai platform bus angkutan pemadu moda Transjakarta busway (APTB) di Jabodetabek dan Bus Rapid Trans (BRT), pesanan Kementerian Perhubungan RI tahun anggaran 2015, yang disebar ke sejumlah kota di Tanah Air sebagai angkutan massal berbasis jalan raya.

Karoseri Laksana menjadi aalah satu karoaeri yang dipercaya Kementerian Perhubungan RI untuk mengerjakan pembuatan bodi bus BRT. Dari total 1.000 unit bus BRT pesanan Kementerian Perhubungan, Karoseri Laksana kebagian pengerjaan 350 unit bus.

 

Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan