Bus Hino CNG akan Mulai Diproduksi Pekan Depan di Purwakarta

Hari Ini Ujicoba Jalur Baru Transjakarta HOV Lane dari Bekasi ke Bundaran HI
Foto: istimewa
Foto: istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) serius dengan ambisi jangka panjangnya, menggarap lagi pasar bus berbahan bakar gas (CNG) di Indonesia yang di awal tahun 2000-an pernah dirintisnya untuk memaaok kebutuhan armada Transjakarta busway.

Wujud konkritnya, fasilitas produksi bus Hino berbahan bakar CNG akan diresmikan pengoperasiannya pekan depan. Bus CNG Hino akan dirakit di pabrik Hino milik PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) di kawasan industri Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat.

Peresmian pabrik ini akan dilakukan oleh pejabat tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian RI.

“Minggu depan kita akan kick off peluncuran bus CNG yang pertama. Kita pernah produksi bus CNG tapi sempat vakum. Kita sekarang akan produksi lagi,” kata Santiko Wardoyo, Direktur Sales dan Promosi PT HMSI di sela acara peresmian gedung after sales service dan acara Customes Satisfaction Contest 2015 di Jatake, Tangerang.

Santiko menjelaskan, bus Hino CNG yang akan diproduksi adalah tipe single bus, bukan tipe bus gandeng atau articulated bus seperti armada busway gandeng dari brand Eropa dan China yang saat ini dioperasikan sebagai armada Transjakarta.

Untuk mendukung pengoperasian kendaraan berbahan bakar gas, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan Pertamina Gas diketahui telah membangun infrastruktur stasiun pengisian gas di beberapa titik di Kota Jakarta.

 

 

Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan