Kenali Empat Fungsi Penting Ban

image-mobkom-Jeep Alami Banyak Recall Terkait Pengapian
Foto : Jeep

Jakarta, MobilKomersial.com – Tahukah Anda, ban merupakan salah satu komponen yang sangat vital saat kita berkendara. Selain mesin, ban merupakan komponen kendaraan yang bekerja paling keras saat kendaraan melaju. Ban menjadi satu-satunya komponen pada kendaraan yang berinteraksi langsung dengan permukaan jalan, mulai dari medan jalan mulus sampai jalan rusak.

Perawatan Ban

Sedemikian pentingnya peranan ban, perawatan ban secara berkala menjadi hal mutlak agar performanya tetap bagus. Ban dan mobil ibarat sepasang suami-istri.  Kurang perhatian dan pengertian, bisa menyebabkan masalah. Setidaknya, ada empat fungsi penting ban menurut buku panduan ‘Tire Safety’ yang diterbitkan oleh PT Bridgestone Tire Indonesia.

Pertama, menopang beban kendaraan. Berat mobil penumpang biasanya bisa mencapai 1,6 ton atau mendekati berat 32 orang dewasa. Angin pada ban berfungsi menopang beban tersebut. Perlu pula Anda ketahui, luasan area kontak antara ban dengan permukaan jalan hampir seluas kartu pos.

Kedua, menyerap guncangan di jalan. Ban menyerap guncangan yang terjadi saat mobil dijalankan, terutama pada permukaan jalan tidak rata.  Angin di dalam ban berfungsi sebagai pegas.

Ketiga, ban bekerja meneruskan traksi dan gaya pengereman. Ban membuat mobil berjalan atau berhenti dengan memanfaatkan gesekan antara ban dan permukaan jalan.

Terakhir, keempat, ban mengubah dan mengarahkan laju kendaraan. Perubahan posisi kemudi akan diikuti oleh perubahan pada roda yang akan mengarahkan mobil pada tujuan yang dikehendaki.

 

 

Penulis: M. Arif

Hits: 81

Tinggalkan Balasan