Kenali Tipe Ban Mobil untuk Performa Kendaraan

image-mobkom-Ban Pirelli Dijual Ke Perusahaan China

Ban Hankook AH11 pada truk Ford F650-750Jakarta, MobilKomersial.com – Mengetahui tipe dan ukuran ban sesuai dengan spesifikasi kendaraan lumrah. Saat ini banyak orang kreatif yang bisa menukar dan mengganti ban sesuai dengan keinginannya. Meski kadang mengganggu performa kendaraan.

Mengikuti aturan baku sesuai dengan rekomendasi manufaktur tentunya tidak berarti memangkas kreasi seseorang tetapi berdampak baik bagi kendaraan termasuk keselamatan, karena manufaktur telah memperhitungkan dengan matang spesifikasi kendaraan dengan kekuatan ban.

Untuk itu, rekomendasi ban tipe ban dari manufaktur perlu menjadi acuan untuk penggunaan ban.Agar dapat mengetahui tipe ban kendaraan anda perlu cek bagian plakat yang ada di doorjamb atau laci mobil, pada penutup bahan bakar, atau dibuku panduan pemilik.

Sebagai contoh mengambil ukuran ban P205/55R16 94V. P (Passenger) adalah prefix yang mengacu pada ban mobil penumpang, walaupun banyak juga truk berukuran ringan yang memakai kode ini juga. LT (Lite Truck) mengacu untuk ban yang biasanya digunakan pada truk yang beratnya sedang, ST (Special Trailer) untuk mobil trailer, T (Temporary) untuk ban cadangan.

205 merupakan lebar cross-section ban dalam ukuran millimeter, dan 55 adalah rasio tinggi didnding samping ban dengan lebar cross-section (55 persen). R berarti radial-ply construction. Dan 16 adalah diameter velg yang cocok untuk ban tersebut dalam satuan inci.

94 mengacu pada kapasitas muatan maksimum ban. Sedangkan huruf V adalah rata kecepatan yang mengindikasikan kecepatan maksimum yang bisa dicapai, dalam hal ini sampai dengan149 mph. Lihat tabel di bawah untuk lebih jelasnya.

Tinggalkan Balasan