Pasar Besar, Indonesia Harus Jadi Pemain Utama Otomotif

Perakitan Truk Isuzu
Perakitan Truk Isuzu

Jakarta, MobilKomersial.com – Perkembangan industri dan pasar otomotif tanah air tergolong pesat dan mencengangkan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini diuntungkan karena jumlah penduduk Indonesia yang banyak sebagai pasar yang potensial bagi otomotif.

Hal ini diungkapkan oleh Jhonny Darmawan, Ketua III GAIKINDO, beberapa waktu lalu dalam pembukaan Jakaarta Auro Show (JAS) 2015 di Jakarta Convention Center, beberapa waktu lalu.

“Banyak orang luar yang mangaku pasar Indonesia sangat besar dan potensial bagi industri otomotif. Kini bagaimana kita menggunakan kesempatan ini, sebagai pemain utama di negeri sendiri seperti Thailand,” kata Jhonny.

Untuk itu, lanjutnya, GAIKINDO terus berupaya mendorong pemerintah agara mendukung upaya memejukan industri otomotif Indonesia dengan menjamin keamanan investasi dengan kepastian hukum, pajak yang ramah investor sehingga tenaga indonesia dapat dimaksimalkan pada industri otomotif.

Dengan demikian secara tidak langsung kran untuk transfer teknologi dapat terjadi. Bukan hanya itu dengan semakin majunya industri otomotif komponen-komponen lokal karya anak bangsa dapat ikut bermain dengan komposisi tertentu dalam sebuah kendaraan.

“Kita juga dorong para produsen mobil untuk terus berinovasi dan bertahap menggunakan konten lokal yang akan menumbuhkan industri kecil sebagai penyokong industri hulu otomotif,” tukasnya

Tinggalkan Balasan