Merubah Cat Mobil dengan Air Panas

thermocromic paintJakarta, MobilKomersial.com – Anda mungkin bosan dengan tampilan mobil Anda sendiri. Banyak alternatif yang dapat dilakukan, yakni dengan merubah cat mobil agar bisa menampilkan tampilan berbeda dan lebih fresh. Warna metallic, doff, candy tone, bunglon hingga air brush dapat Anda pilih.
Namun yang terkini ialah cat yang lebih modern, yakni thermocromic paint. Apa itu? thermocromic paint ialah cat yang dapat berubah-ubah warna ataupun dapat menjadi sebuah gambar yang terjadi melalui penyesuaian suhu.
Rahasianya, temperatur udara bisa mengubah konformasi pada pigmen cat dasar. Sehingga pada suhu tertentu warna secara otomatis berubah. Untuk menguji cat thermocromic bisa menggunakan air panas atau air dari es batu yang baru mencair.

Untuk mendapat hasil sempurna baik saat disiram air panas ataupun dingin, proses pengecatan tidak boleh sembarangan. Step-nya hampir sama dengan cat standar mobil, hanya ada perbedaan di tahap paling akhir. Sebelum bodi mobil dilapis clear coat, lapis bodi menggunakan pigmen thermocromic-nya yang telah diaduk dengan lapisan cat terakhir.

Kesulitan mengaplikasikan thermocromic paint ialah suhu cairan thermocromic yang diaduk bareng lapisan cat terakhir harus dalam kondisi dingin. Jika suhu naik, maka setelah menempel di bodi tak akan ada perubahan.

Saat ini beberapa bengkel di Jakarta khususnya sudah dapat menerima pesanan thermocromic paint.

 

Tinggalkan Balasan