Bus Scania K410 Pertama untuk PO Satria Muda Purwokerto

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Setelah Mercedes-Benz, pabrikan bus Scania akhirnya ikut meramaikan pasar bus premium 6×2 di Indonesia. Melalui distributornya di Indonesia, PT United Tractors Tbk, Scania sukses menjual chassis bus Scania K410 pertamanya ke konsumennya di Indonesia, yakni PO Satria Muda, Purwokerto, Jawa Tengah.

Pertengahan November ini, bus bersebut sudah selesai dipasang bodinya oleh Karoseri Adi Putro, Malang, dan menghuni garasi PO Satria Muda, di Purwokerto.

Di pasar Indonesia, Scania K410 bertempur head on dengan chassis Mercedes-Benz OC500 RF yang populasinya sudah lebih dulu hadir di Indonesia dan dioperasikan oleh perusahaan otobus di Pulau Sumatera.

Seperti apa sih keistimewaan Scania K410 ini? Banyak. Kita bahas dapur pacunya dulu. Mengutip situs Scania Malaysia, Scania memberi nama sasis bus ini dengan kode K410 EB 6×2 with Opticruise. Bus ini menyandang mesin bertenaga sangat besar, berkapasitas 13 liter DC13 107 Euro 3 4-stroke 6-cylinder in-line dengan 4-katup per silinder dan sudah dilengkapi dengan turbo-charged, intercooleer dan Scania PDE injection dan air cleaner. Scania PDE injection adalah unit injector bahan bakar yang bekerja secara otomatis.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 301 kW (410 hp) pada 1,900 rpm dengan torsi maksimum 2,000 Nm pada 1,000 sampai 1,350 rpm. Fitur istimewa pada bus ini adalah Cruise Control, Speed Limiter dan Centrifugal engine oil cleaner serta retarder yang bisa dioperasikan secara manual atau otomatis. Mesin bertenaga besarnya dikombinasikan dengan gearbox tipe GR875R, 8-percepatan dengan Opticruise with kick-down.
Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan