Hujan, Pemotor Harus Siapkan Perjalanan dengan Aman

image-mobkom-Lampu Motor Harus Berfungsi Optimal Saat Musim Hujan
image-mobkom-Jangan Spontan Gunakan Rem Depan saat Hujan
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Hujan mulai mengguyur Jakarta. Permukaan jalan yang licin dan genangan air akibat lubang terbuka, sangat berbahaya bagi pengguna jalan khususnya pemotor.

Sebelum melakukan perjalanan, periksa kesiapan motor, mulai dari rem, lampu, gas hingga tekanan angin pada ban untuk memastikan semua berfungsi optimal saat digunakan, karena dalam keadaan hujan permukaan jalan licin.

Mengantisipasi hal tersebut pemotor harus fokus penuh pada jalan. Jangan berlari diatas kecepatan maksimal, karena sangat rentan pada slip ketika terjadi pengereman mendadak, apalagi bila ban yang digunakan bukan ban khusus untuk jalan berair.

Sedapat mungkin hindari genangan air, karena mungkin, itu adalah lubang tersembunyi sehingga guncangan kencang bisa membuat kestabilan motor hilang dan jatuh. Untuk itu jaga kecepatan normal agar ketika bertemu lubang, pemotor dapat melaluinya dengan smooth.

Gunakan helm berkaca. Banyak pengguna motor di Indonesia menggunakan helm sekadarnya, padahal, sangat mengganggu fokus mata pada jalan akibat langsung terkana air hujan. Konsentrasi yang hilang karena kelilipan sangat berbahaya, karena anda mungkin kehilangan antisipasi pada keadaan tertentu.

Kondisi tubuh yang nyaman, kunci ketenangan dalam perjalanan. Hal paling penting tentunya jas hujan. Sebaiknya jas hujan selalu siap di tas atau jok motor, bila hujan dan anda tidak punya jas hujan sebaiknya berteduh.

Jika tidak banyak hal yang terjadi mulai dari berlari kencang agar cepat sampai, kondisi tubuh tidak stabil membuat pemotor kehilangan konsentrasi, dan hal-hal kecil ini bisa menjadi sangat berbahaya saat ada sedikit trouble di jalan.

Tinggalkan Balasan