Mobil LCGC Diprediksi Banjiri Pasar Mobkas Tahun Depan

image-mobkom-agya-dan-ayla-naik-harga
Image-Mobkom-Suzuki-Mulai-Sebar-Wagon-R-ke-Pakistan
Foto: Suzuki

Jakarta, MobilKomersial.com – Mobil bekas jenis low cost green car (LCGC) seperti Suzuki Wagon R, Datsun Go, Daihatsu Ayla, dan Toyota Agya, diprediksi mulai membanjiri pasar mobil bekas Tanah Air pada awal tahun depan. Prediksi itu dikemukakan Fischer Lumbantoruan, Chief Operating Officer mobil88, perusahaan penjualan mobil bekas di bawah grup Astra.

“LCGC kami perkirakan mulai masuk pasar mobil bekas awal 2016, atau dua tahun sejak pertama kali peluncurannya di 2014,” kata Fischer di Jakarta.

Namun Fischer juga memperkirakan, meski respon konsumen terhadap mobil LCGC cukup baik selama ini, mobil jenis ini belum akan mampu menggeser dominasi penjualan mobil jenis MPV yang selama ini menjadi tulang punggung penjualan mobil bekas di Tanah Air, termasuk di jaringan gerai mobil88.

Adapun porsi penjualan kendaraan MPV di mobil88 saat ini mencapai 50 persen. Sebagian besar dikontribusi oleh merk di bawah Grup Astra seperti Avanza dan Xenia serta Innova. Fischer menambahkan, bisnis mobil bekas pada dasarnya merupakan turunan dari bisnis mobil baru.

“Karena umumnya orang jual mobil lamanya untuk ganti mobil dengan membeli mobil yang lebih baru. Jarang sekali yang menjual mobil karena butuh uang mendesak,” ungkap Fischer.

Tahun lalu, mobil88 sukses menjual sekitar 20.000 unit mobil bekas di seluruh jaringan gerainya di 17 cabang. Tahun ini volume mobil bekas yang terjual diprediksi akan sama seperti tahun lalu karena industri otomotif yang lesu.

 

 

 

Tinggalkan Balasan