Bus “Highdecker” Adi Putro Sudah Dioperasikan Sebagai Bus Malam di Pulau Jawa

Foto: Adi Putro
Foto: Adi Putro

Jakarta, MobilKomersial.com – Selain dipakai oleh operator bus pariwisata seperti PO Pandawa (Pasuruan) dan PO Satria Muda (Purwokerto), bus premium highdecker Jetbus 2+ SHD racikan Karoseri Adi Putro, Malang, juga sudah dioperasikan sebagai bus malam antarkota yang membidik segmen konsumen premium. Di Pulau Sumatera, bus tipe ini dioperasikan oleh PO Sempati Star, Banda Aceh.

Bagaimana dengan di Pulau Jawa? Operator bus malam di Pulau Jawa pun tak ketinggalan. Berdasar catatan kami, sedikitnya ada dua perusahaan otobus yang sudah mengoperasikannya untuk armada bus malam. Yakni, PO Agra Mas (Jakarta) dan PO Gunung Mulia (Malang).

Agra Mas mengoperasikan bus Jetbus 2+ SHD untuk armada bus malam jurusan Jakarta-Wonogiri. Sementara, PO Gunung Harta mengoperasikannya untuk armada bus malam eksekutif Jakarta-Surabaya-Malang.

Berdasar pantauan, bus malam tipe ini mendapat sangat diminati oleh konsumen kedua perusahaan otobus, terutama para konsumen fanatiknya.

Selain modelnya yang sangat baru, juga kenyamanannya yang terbilang lebih. PO Agra Mas misalnya, memesan Jetbus 2+ SHD dari Karoseri Adi Putro menggunakan platform Mercedes-Benz dengan built-in suspensi udara pada keempat titik kaki-kakinya. PO Gunung Harta juga menggunakan platform Mercdes-Benz OH 1836 yang juga sudah menggunakan built-in air suspension pada keempat titik kaki-kakinya.

Fitur built-in air suspension membuat kemampuan peredaman bus terhadap guncangan menjadi jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bus yang masih menggunakan suspensi per daun (leaf spring). Yang jelas, armada Jetbus 2+ SHD umumnya juga dibangun di atas platform engine dengan tenaga besar (310 horse power ke atas), lebih besar dari rata-rata bus reguler di Indonesia yang umumnya maksimum berdaya 260 horse power.

Anda penasaran? Silakan coba naik bus malam tipe ini untuk teman perjalanan Anda. Anda dijamin bisa tidur pulas.

Tinggalkan Balasan