Helm Balap Roda Empat Arai Harus Lewati Api Sepanas 850 Derajat Celcius dalam Masa Pembuatannya

araiJakarta, MobilKomersial.com – Arai baru saja meluncurkan helm balap untuk roda empat di Indonesia pada Kamis (21/1/2016). Helm tersebut diklaim memliliki tingkat keamanan yang sangat tinggi. Bahkan, saat dilakukan ujucoba ketika dalam masa pembuatannya, helm itu disembur api dengan panas hingga 800-850 derajat celcius.

Chief Operating Officer Arai Jepang, Shigeyuki Harada memaparkan, masalah utama yang dihadapi pebalap roda empat ialah api. Berbeda dengan roda dua yang akan terpental ketika terjadi kecelakaan. Untuk roda empat, ketika terjadi kecelakaan, mungkin bagian kabin sudah didesain seaman mungkin, tetapi pebalap tetap tidak bisa menghindari api ketika salah satu bagian dari mesin terbakar.

Untuk itu, ketiga model helm Arai yang baru saja diluncurkan di Indonesia ini didesain anti api. Maksudnya, ketika terjadi ledakan yang menyebabkan kebakaran, api tidak akan masuk ke bagian dalam helm. Hal ini dikarenakan bagian dalam helm, khususnya pada pipi memiliki bahan yang sedemikian rupa dapat menahan masuknya api.

“jangan tanya bahannya yah. Bahannya rahasia, he he he,” canda Presiden Direktur Cargloss, Harry Suherman.

Tidak hanya bagian dalam, bagian luar helm pun didesain tahan terhadap api. Ketahanan terhadap api untuk bagian luar helm dikarenakan terbuat dari campuran bahan Carbon Nit, Nomex dan Comex. Selain itu helm ini juga menggunakan strap pemgikat berbahan kevlar dan visor setebal 3 milimeter.

Lebih lanjut Shigeyuki menjelaskan ketika helm sudah jadi, pada masa pembuatannya, terdapat satu ujicoba lagi yang harus dilewati, yakni dengan disemburkannya api sepanas 800-850 derajat celcius di bagian atas helm selama satu menit. Tak sampai disitu, bagian depan helm juga dilakukan pengetesan yang sama selama 30 detik.

“Karena ini bahannya fiber glass, jadi tak mudah terbakar. Kalau plastik kan mudah terbakar, meleleh. Logam juga begitu, bisa ‘meleyot’,” pungkas Shigeyuki.

Tinggalkan Balasan