Industri Komponen Otomotif Lokal Jangan Malu Buka Pasar baru

image-mobkom-truk-hino-gunakan-54-persen-komponen-lokal
image-mobkom-truk-hino-gunakan-54-persen-komponen-lokal
Foto: ilustrasi

Jakarta, MobilKomersial.com – Pameran industri karoseri, komponen dan pendukung otomotif INAPA dan IIBT 2016 sebentar lagi akan terlaksana. Akan tetapi, walaupun dihelat di Indonesia, peserta yang berasal dari dalam negeri justru jauh lebih sedikit dibanding pemain luar negeri. Mengapa?

Ketua umum Askarindo, Sommy Lumadjeng mengatakan, para pemain lokal masih malu-malu untuk memamerkan prodaknya pada pameran berskala internasional ini. Padahal, produk-produk dalam negeri masih dapat bersaing dengan produk luar, bahkan ada beberapa produk nasional yang menjadi prototype global.

“Mereka masih malu-malu memamerkan prodaknya. Mereka pikir tak ikut pameran saja kita sudah laku, lalu ngapain ikut-ikut pameran buang-buang duit saja,” ujar Sommy di Jakarta.

Sommy berpendapat, sebenarnya ajang ini dapat menjadi wadah bagi industri lokal untuk unjuk gigi di pasar global, mengingat sangat banyak pemain dari luar negeri yang berpartisipasi pada pameran berskala internasional ini.

Yang harus diedukasi ialah, ajang ini dapat menjadi pembuktian bagi industru lokal untuk memperkenalkan prodak-prodak terbaik mereka. Jika sudah begitu, kerjasama-kerjasama dengan pemain global pasti akan terlaksana, yang mana dapat membuka pasar baru bagi industri pendukung otomotif di Indonesia.

“Pameran di Indonesia banyak asing yang datang. Smentara pameran di luar kita pada datang gak? kan engga. Berarti kita masih jadi pasar,” kata Sommy.

Tentu kita sangat mengharapkan industri pendukung otomotif nasional dapat “bermain” di pasar global. Tak hanya menguntungkan bangsa, tetapi perusahaan itu sendiri yang mendapatkan pasar baru sehingga dapat melebarkan sayap penjualan mereka.

Adapun di INAPA dan IIBT 2016 ini komposisi peserta asing dan lokal sangat “jomplang” dimana 80 persen peserta merupakan asing dan 20 persen sisanya pemain lokal. Acara ini sendiri akan berlangsung pada 29 Maret hingga 1 April 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan